Pelajar Nakal Wajib Dibina

cofe morning polres dengan KepsekKOTA MANNA, BE – Kapolres BS AKBP Yohanes Hernowo SIK MH  mengaku sangat prihatin atas kenakalan para remaja di BS yang semakin marak, bahkan sudah mengarah pada tindakan kriminal.
Hal ini disampaikannya saat coffe morning di Mapolres BS yang dihadiri oleh seluruh perwira Polres BS dan juga semua kepala sekolah tingkat SMP dan SMA sederajat.

Dia mencontohkan, untuk peristiwa laka lantas saja di wilayah hukum BS ini, usia pelajar itu sebanyak 61 persen sebagai pelaku laka lantas, sedangkan korbannya juga sebanyak 42 persen merupakan pelajar.

Ditambah lagi dengan hampir setiap malam ada aksi balapan liar yang dilakukan para remaja di kawasan Jalan Sudirman. Para remaja ini juga sering menantang hingga melakukan pelemparan pakai batu ke arah anggota yang sedang patroli. Untuk itu dirinya mengingatkan kepada para guru ataupun kepala sekolah agar dapat melakukan pembinaan kepada para pelajarnya masing-masing agar dapat terhindar dari perbuatan yang tidak baik.

”Kami tidak mungkin mampu untuk menjangkau semua sekolah di BS untuk melakukan  sosialisasi terkait pencegahan kenakalan  remaja ini. Untuk itu kami minta agar pihak sekolah ikut berperan aktif dalam melakukan pembinaan para siswanya,” harap Kapolres BS.
Sementara itu Wakil Bupati BS Dr drh Rohidin Mersyah MMA memberikan apresiasi kepada Polres BS yang ikut aktif dalam upaya pencegahan prilaku kriminal yang melibatkan kalangan remaja usia sekolah.

Kata Rohidin, Pemkab BS mendukung penuh upaya yang dilakukan pihak Polres BS dalam pencegahan tindakan kriminal baik itu dalam hal pencegahan laka lantas, tindakan kriminal pencurian, pencabulan hingga prilaku suka ngelem di kalangan pelajar.

“Kami pemda juga berharap agar upaya pembinaan kalangan remaja itu selalu dilakukan  sehingga ke depannya pelaku kriminal yang melibatkan kalangan anak-anak remaja tidak terjadi lagi,” katanya.(369)