Pelajar Curi Emas

BENGKULU,BE- Tindak kriminalitas melibatkan pelajar semakin marak. AB (17), pelajar kelas 3 salah satu SMA di Kota Bengkulu nekat mencuri emas milik tetangganya sendiri. Apes bagi tersangka yang beralamat di Jalan Gelatik 12 No 56 Rt 6 Kelurahan Cempaka Permai Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu, ulahnya itu ketahuan. Sehingga ia pun ditangkap oleh Buser Polsek Gading Cempaka.

AB yang juga masih duduk dikelas 3 SMA ini mengakui sudah sering mencuri emas milik tetangga itu. Tak tanggung emas yang telah ia curi itu sekitar 60 gram.

Modusnya dengan masuk ke rumah korban melalui plafon rumah.  Setelah berhasil masuk, pelaku pun langsung memembuka lemari tempat perhiasan korban dan mengambil emasnya.

“Emas yang saya ambil cuma milik tetangga saja. Saya mengambilnya saat rumah korban lagi kosong,”ungkap pelaku saat diwawancarai BE di Polsek Gading Cempaka kemarin.

Korban mengaku emas curian itu ia jula ke toko emas, melalui jasa teman sepermainannya. Setiap kali emas curian itu laku, tersangka memberikan uang Rp 100 ribu pada temannya itu sebagai upahnya.

Adapun emas yang berhasil dicuri tersangka selama ini antara lain, kalung 15,8 gram serta surat seharga Rp 3,4 juta, cincin kawin 20 gram beserta suratnya seharga  Rp. 7,4 juta, cincin mata merah seharga Rp 2 juta, gelang dan kalung 25 gram Rp 7,4 juta. Rata-rata perhisan tersebut telah dijual tersangka ke toko emas di Jalan KZ Abidin.

Sementara itu Kapolsek Gading Cempaka, AKP. Mayndra Eka Wardhana mengatakan, penangkapan pelaku berawal dari laporan korban Tri Martono Patwanto (45). Begitu menerima laporan itu polisi melakukan ola TKP di rumah korban tesebut. “Tersangka menyerahkan diri saat anggota melakukan olah TKP. Dia mengakui perbuatannyalah yang mencuri emas milik korban, “ujar AKP. Mayndra. (cw5)