Pekan Olahraga Tradisional Provinsi Bengkulu


REWA/Bengkulu Ekspress
SEMANGAT: Tampak peserta olahraga tradisional saat bertanding terompah panjang di Lapangan Sport Center Pantai Panjang Kota Bengkulu, kemarin (27/11).

Tingkatkan Prestasi Olahraga Tradisional

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi menggelar Pekan Olahraga Tradisional Provinsi Bengkulu di Sport Center Pantai Panjang Kota Bengkulu. Kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan prestasi olahraga tradisional di Provinsi Bengkulu.

Kepala Dispora Provinsi Bengkulu, H Meri Sasdi MPd mengaku, berkat prestasi olahraga tradisonal yang selalu diraih oleh Provinsi Bengkulu dalam beberapa kali kejuaraan baik di tingkat Provinsi maupun nasional membuat pihaknya pada 2018 berusaha membumikan olahraga ini. Salah satunya dengan menggelar Pekan Olahraga Tradisional di daerah dengan diikuti oleh 176 peserta dari Pelajar dan Mahasiswa di Kabupaten/Kota di Provinsi Bengkulu.

“Prestasi kita cukup baik di olahraga tradisional bahkan di Jambi kita bisa meraih juara I tingkat nasional,” kata Meri, kemarin (27/11).

Prestasi tersebut haruslah bisa dipertahankan oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu, salah satunya dengan rutin menggelar event dan pertandingan olahraga tradisional di tingkat daerah. Sehingga akan mendapatkan banyak atlet berprestasi dan berbakat yang nantinya bisa diikutkan pada event berskala nasional. “Kita ingin, kegiatan ini bisa menambah pengalaman dan meningkatkan kualitas atlet olahraga tradisonal berprestasi serta mencari calon atlet,” tutur Meri.

Tidak hanya menambah pengalaman dan meningkatkan kualitas atlet, pada kesempatan ini Pemerintah juga mempersembahkan berbagai hadiah menarik berupa uang pembinaan dengan total mencapai Rp 7,5 juta beserta trofi. Uang pembinaan dan trofi tersebut merupakan persembahan dari Plt Gubernur Bengkulu Dr H Rohidin Mersyah MMA.



“Hadiah bagi juara I ini merupakan persembahan dari Plt Gubenur Bengkulu karena ini bukti dukungan dari beliau untuk menghidupkan olahraga tradisional di Provinsi Bengkulu,” terang Meri.

Sementara itu, Ketua Penyelenggara Kegiatan sekaligus Kabid Pembudayaan Olahraga Dispora Provinsi Bengkulu, Abdullah Wazir SE mengaku, perlombaan olahraga tradisional yang dipertandingkan pada event ini diantaranya Terompah Panjang, Hadang, dan Egrang.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk menyatukan dan meningkatkan silahturahmi diantara komunitas olahraga tradisional di Provinsi Bengkulu. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat mendorong orang untuk gemar melakukan olahraga tanpa membedakan lapisan usia dan semakin diminati masyarakat.

“Kegiatan ini juga menjadi ajang persiapan menghadapi olahraga di tingkat Nasional dan semoga seluruh peserta bisa mengikuti pertandingan dengan sportifitas, bersungguh-sungguh dan percaya diri,” tutupnya.(999)