Pejabat Plt Bertambah

pejabat PLT ilustrasi
Foto : IST

TAIS, Bengkulu Ekspress – Pejabat pelaksana tugas (Plt) yang mengepalai organisasi perangkat daerah (OPD) di Kabupaten Seluma, bertambah. Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten Seluma Irihadi MSi, segera menunjuk Plt guna menduduki jabatan kepala OPD yang pejabat defenitifnya mengajukan pensiun dini.

”Satu diantaranya Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) dijabat sementara waktu oleh Sekretaris Sukran Mpd. Saya akan panggil dulu BKPSDM untuk menyakan alasan kenapa PMD belum ikut dalam Seleksi JPT,” ujar Sekda Irihadi MSi pada Bengkulu Ekspress kemarin (15/8).

Ppejabat Plt ditunjuk guna mengisi kekosongan jabatan yang ditinggalkan pejabat lama, agar pelayanan kepada masyarakat tidak terhambat.  Selain menunjuk Plt kepala PMD. Sekda juga mengkaji pejabat yang akan menjadi Plt Kepala Dins Pendidikan dan Kebudayaan Seluma. OPD ini dalam waktu dekat juga ditinggalkan kepala dinas defenitifnya karena juga memasuki masa pensiun.  “Untuk Plt Kepala Dinas Pendidikan masih dalam penyidikan terlebih dahulu siapa yang akan cocok menempatinya,” sampainya.



Begitu juga, dengan Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil. Pejabat yang ditunjuk masih dibahas siapa. Mengingat untuk memindahkan dan menempatkan ASN (Aparatur Sipil Negara) di Dukcapil harus mendapatkan rekomendasi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Pemkab Seluma tidak bisa sembarangan menunjuk Plt dan pengisian jabatan yang kosong tersebut.

Dampak belum adanya seleksi jabatan di Pemkab Seluma, saat ini sebanyak 12 OPD masih juga dijabat Plt kepala dinas. OPD tersebut antara lain, BKPSDM, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Perumahan dan kawasan Pemukiman, DP3AP2KB, Asisten III, Dinas Ketahanan Pangan, Sekwan, Dinas Pendidikan,BPBD,Dispora dan Dukcapil. (333)