Pejabat Nonjob Dievaluasi

Rapat evaluasi pejabat Nonjob yang dilakukan secara tertutup, kemarin (17/1).
Rapat evaluasi pejabat Nonjob yang dilakukan secara tertutup, kemarin (17/1).

TAIS, Bengkulu Ekspress – Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seluma, mendadak mengumpulkan seluruh mantan pejabat yang sebelumnya pernah menduduki jabatan eselon II, III dan IV, sekitar pukul 10.00 WIB, kemarin (17/1). Sedikitnya, 53 orang memenuhi undangan dari BKPSDM terkait rapat kerja dan evaluasi menjelang dilakukannya mutasi di lingkungan Pemkab Seluma dan jajaran.

“Sekalipun tidak ada jabatan mereka tetap kita evaluasi untuk diberikan jabatan kembali,” tegas Sekretaris Daerah Irihadi Msi kepada Bengkulu Ekspress.

Irihadi membantah, pengumpulan 53 orang ASN yang tidak mendapatkan jabatan ini ada kaitannya dengan sejumlah laporan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), karena banyaknya pejabat yang dinonjobkan.

Menurutnya, pemanggilan itu tidak lain untuk kembali memberdayakan mereka sesuai dengan bidang ilmu masing-masing. Mengingat beberapa waktu lalu memang ada beberapa organisasi yang bergabung ke provinsi.

“Kita berdayakan lagi mereka dan berdasarkan hasil evaluasi dari Inspektorat dan BKPSDM. Hanya saja tidak secara keseluruhan namun secara bertahap dalam mutasi yang akan di gelar,” sampainya.

Mutasi dan evaluasi seluruh pejabat ASN di lingkungan Pemkab Seluma sebuah keharusan dan kebutuhan organisasi untuk dilakukan. Hanya saja, ini juga tidak semudah membalikkan telapak tangan namun harus melalui tahapan. Termasuk jika mereka ingin ikut dalam seleksi JPT yang bakal digelar.

“Mereka yang sudah memenuhi kreteria dan golongan sudah memenuhi silahkan ikut seleksi JPT mengingat 15 jabatan kosong saat ini,” ujarnya.

Sebanyak 53 orang yang dikumpulkan ini sebelumnya pernah menjabat sebagai pejabat eselon II, III dan IV. Pada pelaksanaan mutasi pertengahan 2016, mereka dinonjobkan. Ditambahkan, panitia dan tim dari BKPSDM, serta Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) akan mengevaluasi. Selama dinonjobkan bagaimana kinerja mereka, apakah masih tetap masuk kerja dan melaksanakan tugasnya dengan baik atau tidak. Jika memang mereka masih bekerja dengan baik, maka akan ditugaskan kembali pada mutasi sebentar lagi.

“Mereka yang tidak pernah hadir dan tidak melaksanakan tugas jelas tidak masuk kriteria di ditugaskan kembali pada jabatan struktural di beberapa organisasi perangkat daerah (OPD),” tegas Sekda Seluma.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala BKPSDM Seluma Ikhwan SSos mengatakan, mutasi yang akan digelar sebentar lagi selain melantik pejabat untuk jabatan yang kosong. Juga berkaitan dengan perubahan struktur organisasi pada Dinas Kominfo Seluma, Dinas Pertanian, serta Badan Perizinan Terpadu.

“Untuk pelantikan dengan adanya perubahan struktur organisasi akan dilakukan bersamaan dengan mutasi mendatang,” sampainya. (333)