Pejabat Kemenag ke Pariaman Belajar Pendidikan Subuh

manasik kabupaten
foto;ist

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress  – Kemeneterian Agama (Kemenag) Kabupaten Kepahiang melakukan kunjungan ke Kabupaten Pariaman, Sumatera Barat. Kunjungan tersebut dilakuan untuk belajar penerapan pendidikan subuh berjamaah di daerah tersebut. Hal ini diungkapkan Kakan Kemenag Kabupaten Kepahiang, Drs H Mulya Hudori, Mpd. Saat dikonfirmasi Minggu (8/7) kemarin.

“Rencana kita juga akan kita terapkan di Kabupaten Kepahiang untuk bisa menjadi program unggulan,” ujarnya.

Ditambahkan Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kemebag Kepahiang, Zulfakar Alamsyah, Sag menjelaskan studi banding tersebut akan dilakukan beberapa hari mendatang (10/7) di kota tersebut, dengan tujuan ilmu yang digali dapat menjadi acuan dalam penerapan program keagmaan.



“Tujuan utama adalah studi banding mengenai kunci dan langkah dan penerapan pendidikan subuh di Pariaman. Kemudian juga hal positif lainnya yang bisa kita contoh,” ujarnya.

Meskipun demikian, lanjut Zulfakar, jika konsep dan penerapan dilakukan di Pariaman dapat diaplikasi di lapangan.

“Tetap nilai kultur budaya kita jaga. Jadi nantinya harapan kita, di Kabupaten Kepahiang mengenai pendidikan subuh dapat dijalankan di tiap desa di masing masing Kecamatan. Yang tentunya kerjasama dan peran dari KUA yang tersebar,” sampainya.

Tak hanya itu, pihaknya menargetkan mengenai penerapan pendidikan subuh tersebut akan menjadi program unggulan Kabupaten Kepahiang, dan dengan harapan nantinya akan menjadi wakil Kanwil sebagai wilayah dengan program unggulan pendidikan subuh terbaik.

“Berikutnya kita harapkan kita mampu mencetak kader ulama dimasa depan sebanyak dan sebaik mungkin, sebab program ini kita mulai dari dini. Tak hanya itu dengan adanya ilmu yang kita dapat nantiny kita juga berharap kinerja penyuluh agama dan pelayanan masyarakat dapat meningkat lebih baik lagi,” tutupnya. (320)