Pejabat Eselon II Assesment Ulang

Foto: Dedy Wahyudi

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Kota Bengkulu terus membenahi kompetensi pejabatnya untuk menjalankan visi-misi dan program selama ke depan. Jika sebelumnya sudah dilakukan mutasi berdasarkan evaluasi, kali ini seluruh jabatan eselon II akan diasessesment atau dilakukan penilaian ulang.

“Seluruh pejabat eselon II akan di asessment ulang untuk mengetahui kesesuaian posisi dan kemampuan diri masing-masing,” kata Wakil Walikota, Dedy Wahyudi SE MM, kemarin.

Untuk diketahui, mekanisme yang diterapkan pemkot dalam assesment ini adalah melihat kesesuaian antara kemampuan dengan posisi jabatan yang diduduki. Seperti yang dijelaskan Sekrertaris Daerah Kota Bengkulu, Marjon MPd, kemungkinan akan banyak perubahan posisi antar pejabat satu dengan yang lain. Sebab, dalam penilaian akan diperhatian 2 poin yakni menggali managemen dan teknis sesuai dinas yang dipimpin saat ini.

“Ada 2 poin itu yang kita gali, ketika dia mampu teknisnya saja, misalnya latar pendidikannya sarjana teknik tapi ternyata posisinya sekarang bukan di tempat yang sesuai kemampuan dia, maka kita cocokkan dia ke OPD lain,” terang Marjon.

Dengan demikian, lanjutnya, maka akan didapat komposisi pejabat yang ideal dan benar-benar memiliki integritas yang tinggi dan berkompeten. Hal ini juga dilakukan dalam rangka percepatan pembangunan, karena Pemkot sangat memperhatikan pejabat yang benar-benar cekatan dalam menjalankan tugasnya. “Dapat dilakukan dengan pola wawancara, jadi sifatnya menyesuaikan dalam rangka meningkatkan kinerja. Kapan pelaksanaannya belum kita tentukan, karena masih menunggu petunjuk,” jelas Marjon. (805)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*