Pejabat dan Dewan Kepahiang Dites Urine

KEPAHIANG, BE – Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Kepahiang kembali menjalani pelaksanaan tes urin. Kali ini pelaksanaan tes dilakukan bagi para PNS di Setda Kepahiang. Menariknya tidak hanya pegawai biasa,  seluruh pejabat sekelas Kabag dan Asisten ikut dalam tes urine tersebut.

Sayangnya Bupati Kepahiang Drs H Bando Amin C Kader MM beserta Wabup Bambang Sugianto SH MH diketahui belum mengikuti tes yang diselenggarakan Badan Narkotika Daerah (BND) dan Polres Kepahiang ini. Wabup Kepahiang Bambang Sugianto SH MH mengatakan, tes urine yang digelar itu sebagai langkah awal untuk menghidari penyalahgunaan obat terlarang terutama bagi kalangan PNS khususnya di lingkungan Pemkab Kepahiang.

“Tujuannya PNS kita terbebas dari penyalahgunaan obat terlarang yang secara tidak langsung berdampak negatif terhadap jalannya sistem pemerintahan. Apalagi PNS itu merupakan pelayan masyarakat,” ungkap Wabup yang juga Ketua BND Kepahiang.

Dikatakannya, tes urine bagi para PNS wajib dilakukan dan para PNS tidak perlu takut. Karena sejauh ini para PNS yang positif dalam pelaksanaan tes urine hanya akan dilakukan pembinaan dan  pengawasan. “Pengawasan dan pembinaan itu sendiri dalam tempo waktu maksimal selama 6 bulan, jika PNS bersangkutan dalam tempo waktu tersebut diketahui masih mengkonsumsi narkoba baru ada sanksi sesuai aturan yang berlaku,” tegas Bambang.

Sementara itu saat dikonfimrasi Kabag Humas Setda Kepahiang Zamzami Z MM mengatakan tes urine itu diikuti sekitar 150 PNS. Saat disinggung apakah Bupati dan Wabup ikut tes, Zamzami menjelaskan, sepanjang pengetahuannya Bupati belum mengikuti tes urine tersebut, karena saat ini Bupati sedang ada tugas keluar daerah. “Diharapkan tes itu dilakukan per 3 bulan sehingga tes yang dilakukan efektif agar PNS di lingkungan Pemkab ini terbebas dari penyalahgunaan obat terlarang,” demikian Zamzami.
Dewan Juga Ikut Tes

Sementara itu, ditempat terpisah pelaksanaan tes urine ini juga diikuti oleh anggota DPRD Kepahiang. Saat tim BND dan Sat Narkoba Polres Kepahiang menyambangi sekretariat DPRD Kepahiang. Ikut dalam pelaksanaan tes ini Edwar Samsi SIp MM dan Netti Herawati SSOs yang merupakan politisi dari partai PDI Perjuangan.”Kegiatan ini kita apresiasi karena kita ingin membuktikan jika kita selaku anggota dewan juga terbebas dari penyalahgunaan narkoba,” jelas Edwar. (505)