Peduli Pelestarian Puspa Langka di Bengkulu

 

Mi’rojul / BE
Pendiri Komunitas Peduli Puspa Langka Bengkulu Sofian (37)

BENGKULU, BE – Komunitas Peduli Puspa Langka merupakan sekumpulan orang yang memiliki kepedulian terhadap pelestarian puspa langka di provinsi Bengkulu. Komunitas ini berasal dari berbagai unsur elemen masyarakat, ragam usia, pendidikan dan disiplin ilmu, berdiri secara swadaya dan mandiri.
Pendiri Komunitas Peduli Puspa Langka Bengkulu Sofian (37) saat diwawancarai BE Senin (15/2) menuturkan Komunitas Peduli Puspa Langka ini satu-satunya komunitas yang ada di kota Bengkulu, dan komunitas puspa langka lainnya berada di Kabupaten yang ada di Provinsi Bengkulu.


”Alasan adanya komunitas ini karena Bengkulu dikenal sebagai bumi rafflesia dan memang harus ada komunitas ini serta untuk mengedukasi anak muda Bengkulu untuk mengenal bunga rafflesia, ” ujarnya.
Dia mengatakan, tujuan dari komunitas ini sendiri untuk menjaga kelestarian puspa langka, membangun ekowisata, menjadi pusat informasi puspa langka, serta mengedukasi masyarakat untuk menjaga hutan dan melestarikan alam.
Bunga ini dilindungi oleh undang-undang Republik Indonesia nomor 5 tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemmnya. Dan Keppres RI No. 4 Tahun 1993 tetang satwa dan bunga nasional. Serta keputusan menteri dalam negeri no. 48 tahun 1989, tentang pedoman penetapan identitas flora dan fauna daerah.
Komunitas Peduli Puspa Langka ini berdiri pada tanggal 18 Desember 2010 , terdiri dari 30 anggota yang terdiri dari anak muda hingga dewasa.
Komunitas puspa langka ini menerima masyarakat yang ingin begabung dengan komunitas ini dengan persyaratan yang lebih menekankan harus mempunyai komitmen dalam hal pelestarian, ikut kampanye atau kegiatan, dan murni karena kecintaan terhadap bunga rafflesia yang menjadi logo dari kota Bengkulu. Bagi anda yang ingin bergabung bisa menghubungi no 0813-7764-4363 atau lewat instagram @kpplbengkulu. (MG.2)