Pedro Cetak Hattrick, Spanyol Gunduli Belarusia 4-0

Gelandang asal Barcelona Pedro Rodriguez menjadi pahlawan Tim Nasional Spanyol.  Melalui hattrick yang ia ciptakan ke gawang Belarusia, La Furia Roja unggul 4-0 dan bediri diposisi puncak klasemen Grup I.  Spanyol memiliki poin enam dari dua pertandingan. Anak didik Vincente Del Bosque unggul selisih gol atas Prancis, yang akhir pekan ini tidak bertanding.

Menjalani pertandingan di Dynama Stadium, Sabtu (13/10) dinihari WIB, Spanyol tampil sangat dominan. Baru satu menit pertandingan berjalan Cesc Fabregas sudah mendapat peluang matang.  Ia kemudian melepaskan tendangan ke gawang Belarusian yang sudah ditinggal kipper, namun masih terhadang bek lawan.

Gol pertama Spanyol terjadi di menit 12. Mematahkan jebakan offside saat mengejar umpan Pedro, Jordi Alba lebih dulu mengecoh kiper Belarusia sebelum menjebol gawang tuan rumah dan memberi Spanyol keunggulan 1-0.

Delapan menit kemudian Spanyol berhasil menggandakan keunggulan. Kali ini Pedro yang mencatatkan namanya di papan skor.  Gol tersebut berawal dari umpan terobosan matang yang dilepaskan David Silva. Dibayang-bayangi bek lawan, Pedro berlari menggiring bola di kotak finalti. Penjaga gawang yang menyongsong dan langsung menjatuhkan diri.  Pedro dengan instingnya, mencongkel bola, sehingga bola melambung melintasi tubuh kiper dan meluncur ke dalam gawang, 2-0.

Di babak kedua dominasi Spanyol masih tidak mampu diantisipasi Belarusia. Hasilnya adalah gol ketiga tim ‘Matador’ yang terjadi di menit 69.  Gol ketiga ini kembali dibuat Pedro.

Gol ketiga tersebut berawal dari serangan balik Spanyol  yang cepat, usai mematahkan serangan Belarusia, Xavi Hernandez langsung mengirim bola ke Pedro yang berada di kiri lapangan. Berlari cepat ke dalam kotak penalti, pemain Barcelona tersebut dengan dingin mencongkel bola saat tinggal berhadapan dengan kiper. Gol dan Spanyol memimpin 3-0.

Tiga menit berselang Pedro menyempurnakan penampilannya dengan membuat hat-trick. Tak terjaga di dalam kotak penalti saat menerima umpan dari sisi kiri, dia kembali memperdaya kiper untuk kemudian dengan mudah menceploskan bola ke dalam gawang.

Keunggulan 4-0 yang dipunya Spanyol pun bertahan hingga laga berakhir.(**)