Pedagang Rejang Lebong Masih Banyak Gunakan Timbangan Plastik


Ary/BE
Seorang pedagang di Pasar De saat menimbang menggunakan timbangan plastik beberapa waktu lalu. Saat ini penggunaan timbangan plastik masih marak digunakan para pedagang di Rejang Lebong

CURUP, bengkuluekspress.com – Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan Perindustrian Kabupaten Rejang Lebong (RL) mengungkapkan, bahwa saat ini masih banyak pedagang yang menggunakan timbangan plastik. Padahal timbangan tersebut tidak untuk kegiatan perdagangan, namun untuk keluarga.
“Hingga saat ini masih banyak pedagang kita bahkan sebagian besar masih menggunakan timbangan plastik yang berwarna oranye,” ungkap Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan Perindustrian Kabupaten Rejang Lebong Sukrial.

Seharusnya, penggunaan timbangan plastik tersebut menurutnya sudah dilarang pemerintah karena tidak memenuhi standar, mengingat timbangan plastik tersebut bukan untuk jual beli melainkan untuk timbangan rumah tangga.
Penggunaan timbangan plastik tersebut, menurut Sukrial hampir digunakan merata diberbagai jenis pedagang kecil mulai dari pedagang sayuran, ikan, buah dan lainnya. Namun menurut Sukrial ada beberapa jenis pedagang yang sudah sadar menggunakan timbangan yang sudah memenuhi standar seperti pedagang beras, minyak dan gula. Penggunaan timbangan plastik tersebut tak hanya dilakukan disatu pasar saja namun hampir diseluruh pasar di Kabupaten Rejang Lebong.
“Penggunaan timbangan plastik ini hampir terjadi diseluruh pasar yang ada di Kabupaten Rejang Lebong ini,” paparnya.

Dengan masih banyaknya pedagang yang menggunakan timbangan plastik tersebut, pihaknya terus melakukan sosialisasi dan memberikan pemahaman kepada para pedagang agar beralih dari menggunakan timbangan plastik ke timbangan yang memenuhi standar.
Disisi lain, untuk memastikan seluruh timbangan khususnya timbangan yang sudah standar sudah sesuai, beberapa waktu lalu pihaknya telah melakukan tera ulang di Pasar Atas Kota Curup. Hasilnya sebanak 177 unit timbangan telah ditera ulang.
Dari 177 unit timbangan yang ditera ulang tersebut 72 unit diantaranya timbanganpegas, kemudian 6 unit timbangan sentisimal, 2 unit timbangan bobot ingsut, 16 unit takaran kering, 1 unit neraca, 1 unit anak timbangan dan 79 timbangan plastik.(251)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*