Pedagang Akan Direlokasi

RIO-SUASANA PASAR MINGGU-RENCANA REVITALISASI (3)BENGKULU, BE –  Rencana revitalisasi Pasar Minggu bertingkat membuat Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pasar Kota Bengkulu, menurunkan tim untuk melakukan pendataan sejumlah pedagang.  Pendataan ini berfungsi untuk mengetahui jumlah pedagang aktif di pasar tertua di Bengkulu dan sekaligus  merelokasikan mereka pada tempat yang akan disediakan nantinya.  Demikian diungkapkan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pasar Kota Bengkulu,  Drs Elfian Toni.
Saat proses pembangunan nanti, seluruh pedagang akan dipindahkan, pemindahan pedagang diupayakan tetap dilakukan di areal Pasar Minggu.  Pedagang akan dikelompokkan  di areal  perbatasan tembok Mega Mall, di kawasan koperasi, diharapkan tidak ada pedagang yang akan dipindahkan ke pasar lain.
“Selagi memungkinkan, tidak ada pedagang yang dipindahkan ke pasar lain,  namun jika ada pedagang yang berkeinginan  untuk pindah ke pasar lain   dipersilakan dan itu akan lebih baik, ” katanya.
Ia mengimbau kepada pedagang untuk pro aktif, karena saat ini tim UPTD tengah melakukan pendataan, jangan sampai terjadi  ada pedagang yang tidak terdata,  data ini akan dijadikan bahan  pemerintah untuk menempatkan mereka pada tempat yang layak nantinya, ” Jangan sampai setelah bangunan selesai, timbul ada data-data  pedagang baru lagi, dan membuat pemicu  keributan nantinya, “.
Untuk itu, ia  berharap  pelaksanaan  revitalisasi Pasar Minggu bertingkat  yang akan dianggarkan anggaran sebesar Rp 8,5 miliar, dapat dilakukan  secara  satu tahap dengan alasan   proses pembangunan yang menelan waktu lama.
“Ada dua opsi revitalisasi dilakukan  dua tahap,  namun kita memilih opsi itu   untuk  dilakukan sekaligus,  karena  untuk proses pembangunan sendiri butuh waktu yang lama minimal satu tahun, dan jika dilakukan dua opsi  maka  pembangunan akan dilakukan selama dua tahun dan akan menganggu perekonomian dan kenyamanan,” katanya.
Seperti diberitakan sebelumnya Dinas Pekerjaan Umum tengah mengajukan anggaran  rehab bangunan  Pasar Minggu bertingkat Rp 8,5 miliar. Revitalisasi secara menyeluruh, maka anggaran yang diperlukan sekitar sekitar Rp 2 miliar. Anggaran tersebut dinilai memadai untuk memfungsikan kembali ratusan auning di lantai 2 yang terbengkalai. (247)