PDU Hasilkan 1 Ton Kompos

APRIZAL/BE
Beginlah proses daur ulanng sampah di PDU Kabupaten BU

ARGA MAKMUR, BE – Setelah diresmikan oleh Dirjen Kementrian Lingkungan Hidup beberapa waktu lalu. Pusat Daur Ulang (PDU) sampah yang memiliki kapasitas 10 ton milik Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara (BU), saat ini telah mulai beroperasi. Sejauh ini sudah menghasilkan 1 ton pupuk kompos.

Hal tersebut disampaikan Kepala UPT PDU Syarudin saat dikonfrimasi awak media.

“Ya, setelah ddimukainya operasi pada bebeapa bulan lalu, Alhamdulillah, PDU yang memiliki kapasitas 10 ton ini, telah menghasilkan satu ton pupuk kompos,” kata Syahrudin.

Dirinya pun menjelaskan, saat ini masih fokus pada dua jenis sampah. Yakni, sampah plastik dan sampah dari dedaunan dan tumbuhan. Selain itu dirinya juga mengaku bahwa pihaknya belum maksimal dalam melakukan pengolahan sampah. Lantaran masih kekurangan peralatan. Selama proses pengolahan sampah dua bulan ini baru menghasilkan sebanyak satu ton pupuk organik.

“Kami belum bisa memaksimalkan pengelohan sampah, lantaran masih kekurangan peralatan. Sehingga, saat kami memberdayakan kelengkapan yang ada. Sedangkan, pupuk organik yang dihasilkan saat ini baru satu ton,” terangnya.

Pupuk hasil pengolahan sam sampah ini diberikan kepada masyarakat dan para petani yang ada. Dengan begitu, hasil pengolahan ini dapat dirasakan dan bermanfaat untuk semua masyarakat.

“Ya hasilnya kita berikan kepada para petani dan masyarakat yang membutuhkan,” pungkasnya.(127)

 

 







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*