PDAM Tirta Dharma Kota Bengkulu Lanjutkan Program SR-MBR 10.000 Rumah Warga

Bengkulu, bengkuluekspress.com – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Dharma Kota Bengkulu, tahun ini kembali melanjutkan program Sambungan Rumah Masyarakat Berpenghasilan Rendah (SR-MBR) yang merupakan program lanjutan dari 2017. Program ini menargetkan pemasangan gratis sebanyak 10.000 rumah. Tahun lalu, PDAM Tirta Dharma telah memasang sambungan di 2.250 rumah di Kota Bengkulu.

Program ini ditandai dengan penyerahan langsung dari Pemerintah Kota Bengkulu melalui Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi, kepada warga penerima program secara simbolis, Sofyan, yang beralamatkan di Jl Bhakti Husada Kelurahan Lingkar Barat Kota Bengkulu, Kamis pagi (4/10/18).

Dedy mengatakan, umumnya untuk pemasangan sambungan PDAM masyarakat dikenakan biaya Rp 1 juta, namun tidak semua masyarakat Kota Bengkulu mampu membayar biaya sebesar itu. Hal inilah yang menjadi dasar diberikannya program ini kepada masyarakat.



“Kebijakan Direktur PDAM program 10.000 sambungan rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah ini sangat bagus. Jadi pemerintah hadir dengan dana anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) untuk masyarakat kurang mampu,” terang Dedy Wahyudi.

Untuk mencapai target 10.000 sambungan gratis tersebut, Pemerintah Kota Bengkulu memastikan melanjutkan program tersebut ditahun mendatang.

Direktur Utama PDAM Tirta Dharma Kota Bengkulu, H Sjobirin Hasan mengatakan, “Diharapkan setelah sambungan air PDAM terpasang di rumah penduduk, dapat membantu dalam segala hal keperluan air bersih.

Tahun ini PDAM menargetkan sambungan pada 1.000 rumah. Tahun depan target pemasangan sambungan ditingkatkan sebanyak 2.000 rumah. “Semoga saja program ini berjalan maksimal dan tanpa hambatan,” kata Sjobirin. (Imn)