PC World Bakal Sepenuhnya Digital

010928_475409_pc_worldSAN FRANCISCO – Majalah teknologi terkemuka PC World memutuskan menghentikan edisi cetak mereka untuk pasar Amerika Serikat terhitung September 2013. Mulai bulan September, majalah yang banyak mengulas soal personal computer (PC), smartphone, hardware, software, dan internet tersebut berubah bentuk ke dalam format digital (Pdf).

Langkah majalah  bulanan bertiras 355 ribu ini berselang 5 tahun dari kompetitor utamanya, PCMag yang sudah lebih dulu hijrah ke format Pdf menyusul majalah US News, World Report, dan Newsweek.

Keputusan ini agak mengejutkan karena terlambat. Namun yang pasti pengelola majalah yang edisi pertamanya terbit November 1982 menjamin takkan mem-PHK karyawan sebagai akibat perubahan format.

Karyawan bagian percetakan yang hilang pekerjaannya bakal dialihkan untuk memaksimalkan edisi digital bagi perangkat bergerak seperti iPhone, iPad, Android, tablet, Mac, dan PC. Sementara pelanggan edisi cetak telah diminta mengubah langganan mereka dengan mendaftar online sebelum 21 Agustus 2013.

Situs PC World tetap beroperasi seperti biasa. IDG selaku induk perusahaan PC World belum memutuskan apakah 15 edisi internasional akan mengikuti langkah PC World Amerika. “Pengguna teknologi

dan penjual telah membuat pergeseran dari edisi cetak ke online. Sudah menjadi keputusan kami untuk mengakhiri edisi cetak yang sudah berlangsung selama 30 tahun,” ucap Bob Carrigan, CEO IDG Communication lewat surat elektronik yang diterima mashable, Kamis (11/7). (pra/jpnn