Patung Ibu Fatmawati Telan Anggaran Rp 5 M

fatmawati2-275x500
FOTO: Istimewa
Replika patung Fatmawati sedang menjahit Bendera Pusaka Merah Putih menjadi koleksi Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta dan dipamerkan di Tata Pameran Diorama II.

Akan Dibangun di Bengkulu

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu akan membangun patung besar Ibu Fatmawati. Patung ibu negara pertama itu rencananya akan dibangun dengan tinggi 4 meter. Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Bengkulu, Dr Iskandar ZO mengatakan, patung besar itu akan menelan anggaran sekitar Rp 5 miliar, yang diambil dari dana CSR Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). “Itu baru istimasi rencana pembangunan saja,” terang Iskandar kepada Bengkulu Ekspress, usai menggelar rapat bersama di Ruang Melati Pemprov Bengkulu, kemarin (2/8)

Rencana pembangunan itu sesuai dengan arahan Plt Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah MMA. Tujuannya, untuk menjadikan icon istri presiden pertama Soekarno itu sebagai bukti sejarah, bahwa Ibu negara pertama itu berasal dari Provinsi Bengkulu. Termasuk simbol negara Bendera merah putih pertama juga dijahit langsung oleh Ibu negara kelahiran Bengkulu itu.



“Bendara pusaka itu dibuat dari Bengkulu dan yang menjahitnya itu orang Bengkulu. Ini sejarah yang harus terus diingat oleh warga Indonesia. Untuk mengenang itu, kita buatkan patung pertama Ibu Fatmawati. Karena di provinsi lain tidak ada patung itu,” tuturnya.

Rencana pembangunan sendiri ditarget bisa dikerjakan pada tahun ini. Lokasi pembangunan di siapkan 3 opsi. Pertama di wilayah Sport Center Pantai Panjang, Rumah kediaman Bung Karno dan di Simpang Lima Kota Bengkulu. “Mau kita secepatnya dibangun. Karena lebih cepat itu lebih baik,” beber Iskandar.

Dalam pembangunan nanti, patung ibu Fatmawati itu masih akan dirancang. Apakah akan dibangun dengan Ibu Fatmawati sendirian, atau nanti dibuat dua patung bersama presiden pertama Indonesia Soekarno. Termasuk bahan patung juga masih dikaji, baik menggunakan bahan perunggu atau bahan patung lainnnya. Iskandar mengatakan, desain patung itu akan dikonsultasikan terlebih dahulu kepada keluarga besar Ibu Fatmawati. Ketika direstui, maka akan segera dibangun.

“Desainnya kita minta restu dulu dengan keluarga besar Ibu Fatmawati. Nanti seperti apa yang disetujui itu yang akan dibangun,” tegasnya.

Agar dipercepat pembangunan itu, Iskandar menegaskan akan terus berkoordinasi kepada keluarga besar Ibu Fatmawati. Sehingga rencana pembangunan itu bisa benar-benar direalisasikan. “Yang penting itu izinnya. Kalau ada izin kita bangun, kalau tidak ada izin ya tentu kita tidak bisa semena-mena langsung bangun. Ini yang akan kita kejar terus,” pungkas Iskandar. (151)