Patung BJB Hilang


RIZKY/Bengkulu EkspressPatung BJB yang berdiri di atas monumen bundaran pondok pusaka hilang.

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress– Patung Bintang Jemput Bintang (BJB) yang ada di bundaran pondok pusaka Kabupaten Kaur hilang. Patung berbentuk manusia mengangkat bintang diatas kepalanya tersebut diduga hilang sejak Selasa (9/7) kemarin. Diduga kuat, patung yang dibuat tahun  2016 tersebut hilang setelah roboh dari atas monumen yang ada di bundaran pondok pusaka.

Setelah patung berada di bawah, diduga ada orang yang mengambil atau mengamankan patung tersebut. Sampai saat ini belum ada yang tahu siapa yang mengamankan patung tersebut. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kaur selaku pihak yang bertanggung jawab dengan bundaran pondok pusaka mengaku masih mencari keberadaan patung yang berbahan dasar fiberglass tersebut.

“Setelah mendapat laporan, kita sudah melakukan pengecekan tetapi patung sudah tidak ada lagi. Kita masih mencari siapa yang mengamankan patung tersebut,” jelas Kepala DLH Kabupaten Kaur, Syahril SPd.

Patung roboh dari atas monumen diduga karena konstruksinya sudah rapuh. Dibuat tahun 2016 lalu bantuan dari PT Ciptamas Bumi Selaras (CBS). DLH mengaku akan mencari keberadaan patung tersebut. Jika sudah ditemukan akan diperbaiki dan dipasang kembali.

“Patung itu dibangun oleh PT CBS tahun 2016 lalu. Sudah cukup lama, mungkin konstruksinya sudah rapuh sehingga roboh,” imbuh Syahril.

Jika nanti patung tidak ditemukan, DLH akan berupaya mengganti patung tersebut. Tentu saja untuk bentuk patung akan dikoordinasikan dengan pimpinan terlebih dulu. “Jika memang tidak ketemu kita berupaya mengganti. Tetapi kami masih menunggu bagi siapa saja yang menemukan silahkan datang ke DLH,” pungkas Syahril. Selasa (9/7) kemarin, salah satu akun facebook memposting patung tersebut sudah roboh dan tergeletak di rerumputan bundaran pondok pusaka. (167)