Patroli Tegur Warga Belum Taati Prokes

Ist/BE
Personel Dit Samapta Polda Bengkulu memberikan teguran kepada pedagang yang melanggar protokol kesehatan saat melakukan patroli di malam hari.

BENGKULU, BE – Personel Direktorat Samapta Polda Bengkulu, melanjutkan kegiatan rutin patroli menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, Sabtu (4/9). Kegiatan kali menyasar pedagang makanan yang berjualan di sepanjang jalan protokol di Kota Bengkulu.

Personel memberikan imbauan kepada pedagang dan pembeli untuk tidak lupa menerapkan protokol kesehatan (pakai masker). Patroli dilakukan hingga tengah malam. Karena, saat malam hari ketika beraktifitas di luar rumah, masyarakat sering tidak menggunakan masker. Berbeda jika siang hari, masyarakat Kota Bengkulu, terpantau cukup ketat menerapkan prokes memakai masker atau menjaga jarak.

Kasubdit Penmas Bid Humas Polda Bengkulu AKBP Agung Darmanto menuturkan kepada BE Sabtu (4/9), “Sebenarnya siang dan malam personel rutin melakukan patroli untuk memastikan masyarakat Kota Bengkulu tidak mengabaikan prokes. Saat malam hari, apalagi jika akhir pekan patroli lebih ditingkatkan,” jelas AKBP Agung.

Personel polisi sering menemukan masyarakat tidak menjaga jarak saat membeli makanan hingga nongkrong larut malam.
Patroli terus dilakukan, meski kasus covid-19 di Bengkulu menunjukkan penurunan. Kegiatan patroli dan imbauan rutin dilakukan agar masyarakat tidak abai dengan prokes. Setiap melakukan patroli, personel diarahkan untuk memberikan imbauan sekaligus mengingatkan pada pedagang kaki lima atau pertokoan yang buka hingga malam hari. Apalagi saat patroli ditemukan ada kerumunan di tempat jualan pedagang. Biasanya pedagang dan pembeli tidak menggunakan masker. Petugas kemudian memberikan teguran sekaligus memberikan masker jika mereka tidak punya masker.

“Peran serta masyarakat untuk mencegah penyebaran covid-19 dengan menerapkan prokes sangat besar. Jika masyarakat tidak mendukung pemerintah untuk menangani covid tentu akan sulit pandemi ini selesai. Kami polri berkomitmen mendukung penuh program dari pemerintah yang berkaitan dengan penanganan dan pencegahan covid-19,” pungkas AKBP Agung. (167)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*