Patroli Malam Hari Digencarkan

Kabid Humas
Kombes Pol Sudarno

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Mewujudkan situasi keamanan dan ketertiban ditengah masyarakat (kamtibmas) yang kondusif. Jajaran Kepolisian senantiasa menciptakan kegiatan inovasi sebagai wujud pelayanan terhadap masyarakat. Salah satunya dengan menggencarkan patroli dimalam hari.

Kabid Humas Polda Bengkulu Kombes Pol Sudarno SSos MH kepada BE, Selasa (30/6) menuturkan, selain memiliki pelayanan berbasis IT (Informasi Teknologi), Polda Bengkulu dan Jajaran saat ini semakin meningkatkan pelaksanaan Patroli Blue Light atau di malam hari disertai dengan dialog bersama warga yang ditemui anggota saat melakukan patroli malam.

“Anggota kita bukan hanya sekedar melakukan patroli dengan berkeliling-keling saja, tetapi kita juga melakukan perbincangan atau berdialog dengan warga yang ditemukan masih berada diluar rumah ketika malam hari. Tujuannya untuk mencegah aksi kriminalitas yang semakin marak terjadi,” ucapnya.

Kegiatan patroli blue light dilaksanakan dengan fokus pada malam hari sebagai tanda kehadiran polri yang dapat mencegah terjadinya tindak pidana atau kriminalitas yang dapat menjadi ancaman bagi kamtibmas.

“Sudah banyak pengakuan dari pelaku tindak kejahatan yang menyatakan sering membatalkan niat untuk melakukan kejahatan, karena melihat adanya pancaran lampu rotator kepolisian yang sedang berpatroli,” tambahnya.

Sudarno pun berharap, dengan melaksanakan patroli ini, diharapkan dapat memberikan penyuluhan tentang pentingnya peran serta seluruh elemen masyarakat dalam upaya menjaga keamanan minimal dengan memberikan informasi secepatnya kepada kepolisian.

“Bukan hanya kepolisian saja yang bisa mencegah aksi kriminalitas, warga pun bisa turut adil dalam hal tersebut dengan bersama-sama mengaktifkan poskamling didaerah tempat tinggalnya ataupun melaporkan setiap tindakan yang dianggap mencurigakan atau berbau kriminalitas,” tutupnya. (529)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*