Pasukan Kuning Sapu Bersih Sampah Pasar

IRUL/Bengkulu Ekspress BERSIHKAN: Pasukan kuning DLH Kaur saat melakukan bersih-bersih sampah di sekitar pasar Inpres Desa Jembatan Dua Kecamatan Kaur Selatan, Selasa (11/6).

KAUR SELATAN, Bengkulu Ekspress– Menanggapi keluhan warga yang tinggal di sekitar pasar Inpres Desa Jembatan Dua Kecamatan Kaur Selatan Kabupaten Kaur, tentang banyaknya sampah yang berserakan di pinggir jalan sebagai lokasi pembuangan sampah, langsung disikapi. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kaur, langsung bertindak dengan menerjunkan puluhan pasukan kuning, Selasa (11/6).

“Alhamdulilah berkat kerja sama petugas kebersihan kita, tumpukan sampah di sekitar pinggir jalan pasar Inpres sudah bersih,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kaur, Syahril SPd, kemarin (11/6).

Dikatakan Syahril, pihaknya membersihkan tumpukan sampah yang belakangan dikeluhkan warga lantaran bau busuk yang menyebar. Dimana tumpukan sampah yang menumpuk tersebut diangkut petugas ke mobil kebersihan yang disiapkan dan dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Dengan telah dibersihkannya sampah-sampah di sekitar pasar Inpres oleh pasukan kuning tersebut, ia meminta peran masyarakat untuk tidak lagi membuang sampah disembarang tempat.

“Ini InsyaAllah akan kita upayakan bersihkan terus bukan hari ini saja, tapi kita minta kepada masyarakat agar tidak lagi membuang sampah sembarang di pinggir jalan,” terangnya.

Lanjutnya, ia juga meminta kepada para petugas kebersihan atau pasukan kuning ini dalam menjalankan tugas kebersihan atau perawatan taman kota harus tepat waktu serta bertanggung jawab terhadap lokasi kerja yang telah diberikan. Khususnya lokasi kantor pemerintahan daerah, rumah dinas dan gedung daerah maupun lapangan merdeka adalah garda terdepan dan ikon Kabupaten Kaur.“Kepada petugas kebersihan agar terampil dan berinisiatif, tidak mesti diperintah pimpinan baru melaksanakan tugas, dan bekerjalah dengan ikhlas,” terangnya.

Ditambahkannya, pihaknya gencar melakukan kebersihan bersama petugas kebersihan di beberapa kompleks perkantoran Padang Kempas. Juga ia berharap dengan masyarakat, agar menjaga kelestarian lingkungan Kota kabupaten Kaur, menjadikan keindahan yang terbaik di Provinsi Bengkulu nantinya.“Di sini saya juga minta peran masyarakat dalam menjaga kebersihan, ini demi menciptakan Kaur yang bersih dan sejuk,” harapnya.

Sementara itu, Asri (27) warga Desa Jembatan Dua, ia sangat mengapresiasi kinerja dari pasukan kuning DLH. Sebab warga merasa senang dengan kondisi disekitar pasar Inpres terutama jalan jembatan dua yang penuh dengan tumpukan sampah dan bau tidak sedap itu sudah hilang. “Kami sangat berterima kasih dengan petugas kebersihan yang telah membersihkan sampah itu, dan kita harap juga tidak ada lagi masyarakat membuang sampah sembarangan,” tandasnya. (618)