Pastikan Pilkades Kondusif

2. Jefryy/BE- Ketua DPRD Seluma dandmenggunakan Plt Kepala PMD menggunakan hak suaranya, bersamaan dengan memantau pelaksanaan pilkades yang dilangsungkan serentak kemarin (7/10).

LUBUK SANDI, Bengkulu Ekspress – Pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di Kabupaten Seluma, dilaksanakan pada kamis (7/11) dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB. Pilkades dilakukan di 85 desa dari 13 kecamatan, dengan jumlah calon kepala desa sebanyak 305 orang. Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Seluma Saparudin, memantau langsung pelaksanaan pemunggutan suara sejak kamis (7/11) pagi. Pemantauan dilakukan di Desa Sukosari, Desa Kayu Arang, Lawang Agung, Lubuk Sahung, Padang Pelasan, dan Pasar Ngalam. Turut ikut ketua DPRD Kabupaten Seluma Nofi Erian Andesca memantau pelaksanaan pilkades.



Kepada BE, jika memang ada sengketa dalam pilkades ini dan gugatan terkait penghitungan hasil suara akan cepat diselesaikan di tingkat kecamatan maupun kabupaten, namun terlebih dahulu akan diselesaikan terlebih dahulu dibdesa dan kecamatan. Jika tidak barulah diambil alih oleh panitia kabupaten.”Kita lihat dulu kalau ada permasalahannya, kalau memang bisa diselesaikan di kecamatan, kita selesaikan di kecamatan,” ucapnya.

Sementara itu hasil penghitungan suara yang sudah dilakukan langsung dilakukan penetapan. Kemudian, kades terpilih dilantik, dan mulai menjabat tahun depan. Dengan harapan dapat ikut membangun desa untuk lebih maju. Sedangkan, yang belum terpilih bisa legowo.

“Sudah penghitungan suara langsung ditetapkan, kalau pelantikan begitu selesai semua proses administrasinya langsung kita usulkan untuk dilantik” jelasnya.

Ketua DPRD Kabupaten Seluma Nofi Eriyan Andesca Ssos menyatakan, seluruh calon kades harus siap menerima hasil pemungutan suara. Termasuk siap menang dan siapnkalah. Jikapun kalah masih tetapnakan ikut serta dengan merangkul mereka mereka yang kalah ini.”Semuanya harus siap menang siap kalah, jika terpilih maka harus bisa melakukan pembangunan di desa dan membawa kemajuan, dan yang belum menang harus siap mendukung” jelasnya.

Dalam pemantauan yang dilakukan ke TPS, Saparudin mengecek kesediaan surat suara, tinta, bilik suara, hingga kotak suara. Saparudin juga berdiskusi langsung dengan petugas pemungutan suara, dan warga yang datang ke TPS. Saparudin memastikan, proses pemungutan suara berjalan aman dan tidak terkendala. (333)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*