Pastikan Alur Pelabuhan Pulau Baai Lancar, Pelindo Bengkulu Siapkan Kapal Keruk dari Dubai

Kapal Keruk
Foto : IST

BENGKULU, bengkuluekspress.com – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Bengkulu memastikan alur lintas pelabuhan Pulau Baai lancar. Pasalnya kapal keruk dari Dubai selalu siap sedia di poros masuk pelabuhan. Hal itu diungkapkan General Manager Pelindo II Bengkulu Titah Yudhana, Senin (26/10).

“Kita menyediakan kapal keruk TSHD HAM 311 untuk mengatasi pendangkalan alur upaya perbaikan pelayanan pemenuhan logistik di wilayah ini yang menetap di kurun waktu tertentu,” kata Titah, Senin (26/10).

Titah mengatakan, terjadinya pendangkalan pada alur pelabuhan terjadi 2 sampai 3 kali dalam setahun dengan kedalaman 5 sampai 7 Mean Low Water Springs (MLWS). Pelindo juga mengkaji geofisika kelautan dari beberapa metoda dari pengukuran kedalaman laut, pengukuran arus dan pasang surut.

“Hasil pengukuran kedalaman laut memperlihatkan bahwa kedalaman yang paling dalam di bagian kolam pelabuhan adalah sekitar 12 meter dan yang terdalam di daerah alur juga 12 meter,” ungkapnya.

Titah mengatakan, dengan adanya Kapal keruk tersebut ditargetkan melakukan pengerukan 500 hingga 600 meter kubik dalam sebulan. Sehingga pelayanan aktivitas logistik tidak mengalami kendala.

“Kita juga bekerjasama dengan Balai Penelitian dan Pengembangan Pantai dari Satuan Kerja Balai Penelitian dan Pengembangan Pantai Kementerian PUPR terkait pekerjaan kajian teknik coastal dan sedimentasi alur Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu,” tutupnya. (HBN)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*