Paslon Tak Hadiri Penetapan Bupati/Wabup Mukomuko Terpilih

MUKOMUKO, BE – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mukomuko, Kamis (21/1/2021), menetapkan Sapuan–Wasri sebagai pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Mukomuko terpilih, pada pemilihan serentak lanjutan 2020. Penetapan itu dipimpin Ketua KPU Mukomuko Irsyad didampingi Anggota Komisioner KPU, Mansur, Dedi Desponshori, Misbahul Amri dan Bodi Rahmad Santosa. Acara penetapan ini tanpa kehadiran paslon, baik Paslon 01 Choirul Huda–Rahmadi maupun paslon urut 02 Sapuan–Wasri.

“Masing–masing paslon ada pemberitahuan ke KPU, tidak bisa hadir dikarenakan berhalangan. Diwakili masing–masing tim pemenangan dan partai politik pengusul,” ungkap Ketua KPU Mukomuko Irsyad.

Paslon urut dua Sapuan–Wasri memperoleh suara terbanyak sebanyak 55.112 suara, dan ditetapkan sebagai Paslon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Mukomuko, terpilih. Sedangkan, Paslon Choirul Huda SH-Rahmadi AB memperoleh suara sebanyak 41.739 suara.

Setelah penandatanganan berita acara penetapan ini, kata Irsyad, KPU pada Jumat (22/1), menyampaikan secara langsung ke DPRD Kabupaten Mukomukohasil penetapan calon bupati dan wabup terpilih tersebut.

“Dengan harapan untuk ditindaklanjuti hingga proses pelantikan paslon terpilih tersebut,” ungkapnya. Ketua DPRD Kabupaten Mukomuko Ali Saftaini mengatakan, jika hasil pleno KPU Mukomuko sudah diterima. Lembaga DPRD memproses lebih lanjut. Mulai dari diparipurnakan di lembaga hingga akan bersurat ke Mendagri melalui Gubernur Bengkulu.

“Kita tunggu dulu surat resminya dari KPU. Selanjutnya, kita tinda lanjuti sesuai aturan dan prosedur,” ungkapnya.

Penetapan paslon terpilih yang berlangsung di aula Hotel Bumi Batuah, Kecamatan Kota Mukomuko itu, di hadiri Bawaslu, FKPD, Organisasi kemasyarakatan, organisasi profesi, pejabat dinas dan instansi di jajaran Pemkab Mukomuko serta rekan – rekan media. Pada kesempatan itu, KPU Mukomuko juga memberikan penghargaan kepada pemerintah daerah, dinas dan instansi vertikal, serta ormas dan organisasi profesi atas partisipasinya menyukseskan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Mukomuko 2020. (900)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*