Paslon Bupati RL Diminta Ikut Sosialisasikan Hak Pilih

Empat Paslon yang akan berlaga dalam Pilkada serentak 2020 saat menunjukkan nomor urut masing-masing usai pengundian yang dilaksanakan di aula IAIN Curup, Kamis (24/9).

CURUP, bengkuluekspress.com – Ketua KPU Rejang Lebong, Drs Restu S Wibowo meminta seluruh Pasangan Calon (Paslon) untuk mensosialisasikan hak pilih kepada pemilih yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Sehingga nanti masyarakat bisa menyumbangkan suaranya dalam Pilkada serentak 2020 di Kabupaten Rejang Lebong.

“Saya harap para Paslon bisa mensosialisasikan hak pilih, jika masih ada pendukung yang belum terdaftar, agar segera dapat melapor dengan dokumen kependudukan yang lengkap sehingga bisa terdaftar sebagai pemilih dalam Pilkada nanti,” harap Restu saat Rapat Pleno Terbuka Pengundian Nomor Urut Paslon Bupati dan Wabup Kabupaten Rejang Lebong 2020 yang dilaksanakan di aula IAIN Curup, Kamis (24/9).

Menurut Restu, pelaksanaan Pilkada serentak kali ini akan diselenggarakan dengan protokol kesehatan. Hal tersebut dilakukan untuk pencegahan dan pengendalian Covid-19. Oleh karena itu, Restu berharap semua calon bisa bertangung jawab atas penyelenggaraan protokol kesehatan.

Selain pengundian nomor urut, dalam kegiatan kemarin juga dilaksanakan deklarasi damai dan ikrar Pilkada damai. Menurut Restu deklarasi dan ikrar Pilkada damai dilakukan untuk menghasilkan pemimpin yang berintegritas.

“Hari ini kita juga melaksanakan deklarasi dan ikrar Pilkada damai, dengan deklarasi dan ikrar Pilkada damai ini diharapkan bisa menghasilkan pemimpin yang berintegritas,” harap Restu.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Rejang Lebong Dodi Hendra S mengaku bahwa kegiatan pengundian nomor urut kemarin mengalami keterlambatan, karena pihaknya bersama unsur FKPD Kabupaten Rejang Lebong berembuk terlebih dahulu terkait dengan PKPU nomor 13 tahun 2020 dan penanganan kesehatan.

Kemudian terkait dengan sanksi diskualifikasi bagi Paslon yang melanggar protokol kesehatan Covid-19. Menurut Dodi hingga kemarin belum ada pembicaraan.

“Kalau untuk diskualifikasi saat ini belum ada pembicaraan yang ada baru sebatas teguran administratif,” terang Dodi.

Di sisi lain, dari pengundian nomor urut untuk empat Paslon yang sebelumnya telah ditetapkan oleh KPU Rejang Lebong. Pasangan yang mendapat nomor urut 1 adalah Dr H Muhammad Faisal SE MM MCOD -Fatrolazi SE. Kemudian untuk pasangan nomor urut 2 adalah pasangan Hj Susilawati SE MM-H Ruswan YS SSos MSi.

Selanjutnya pasangan nomor urut 3 adalah pasangan Drs Syamsul Effendi MM-Wahyudiansyah SH dan pasangan nomor 4 adalah M Fikri Thobari SE-Tarsisius Samuji SPd. (ary)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*