Paskibraka RL Sukses Laksanakan Tugas

Paskibraka Kabupaten Rejang Lebong saat mengibarkan bendera merah putih pada upacara peringatan HUT RI ke-74 tahun 2019 di Lapangan Dwi Tunggal Kota Curup Sabtu (17/8) kemarin.

CURUP, Bengkulu Ekspress – Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Rejang Lebong sukses melaksanakan tugasnya pada peringatan HUT RI ke-74 di Lapangan Dwi Tunggal Curup. Paskibraka yang mendapat pembinaan dari Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Rejang Lebong tersebut sukses waktu mengibarkan bendera maupun saat menurunkan bendera.

“Alhamdulillah anggota Paskibraka Kabupaten Rejang Lebong sukses melaksanakan tugasnya baik waktu pengibaran bendera maupun penurunan bendera,” sampai Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Rejang Lebong, Khirdes Lapendo Pasju SSTP MSi melalui melalui Kepala Bidang Layanan Kepemudaan, Yusuf Wahyudi B SE MSi saat dikonfirmasi Rabu (21/8) kemarin.

Dijelaskan Yusuf, keberhasilan 36 orang anggota Paskibraka Kabupaten Rejang Lebong dalam menjalankan tugas tersebut, menurutnya tidak terlepas dari kerjasama semua pihak terutama jajaran pelatih baik dari anggota TNI, Polisi hingga dari Purna Paskibraka Rejang Lebong serta panitia dari Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Rejang Lebong. “Kami sampaikan terima kasih kepada jajaran pelatih baik dari TNI, Polri dan PPI Rejang Lebong yang telah meluangkan waktunya melatih anggota Paskibraka Kabupaten Rejang Lebong,” tambah Yusuf.



 

Untuk mensukseskan pengibaran dan penurunan bendera pada Peringatan HUT RI ke-74 di Kabupaten Rejang Lebong sendiri, menurut Yusuf para anggota Paskibraka Kabupaten Rejang Lebong dikarantina selama 10 hari. Bahkan sebelum dikarantina para anggota Paskibraka Rejang Lebong juga mendapat pelatihan. Pra diklat selama 7 hari dan mengikuti secara mandiri oleh Purna Paskibraka Indonesia Rejang Lebong selama 1 bulan.

Selain itu, menurut Yusuf, suksesnya anggota Paskibraka Rejang Lebong dalam menjalankan tugas tersebut juga tidak terlepas dari seleksi ketat yang dilaksanakan oleh panitia. Dimana menurut Yusuf anggota Paskibraka yang merupakan siswa SMA sederajat tersebut sudah melewati tahapan seleksi dari Bulan Maret 2019.

Dimana pada bulan Maret mereka laksanakan seleksi di tingkat sekolah-sekolah yang ada di Rejang Lebong dengan jumlah pesertanya sebanyak 441 orang dengan rincian 218 peserta putra dan 223 pesera putri. Dari seleksi tersebut peserta mengerucut mencjadi 213 orang. Kemudian 213 orang yang terdiri dari 111 putra dan 102 putri tersebut mengikuti seleksi di tingkat kecamatan dan berhasil dijaring menjadi 130 orang.

Kemudian dari 130 orang yang terdiri dari 65 putra dan 65 putri tersebut dilakukan penjaringan ditingkat kabupaten, sehingga akhirnya terpilih 36 orang yang terdiri dari 18 orang putra dan 18 orang putri sebanyak anggota Paskibraka yang bertugas pada upacara tanggal 17 Agustus kemarin.

“Dalam seleksi ini, selain memilih 36 orang untuk Paskibraka Kabupaten, kita juga menjaring enam orang untuk kita utus seleksi di tingkat Provinsi, dari seleksi tersebut sebanyak lima orang lulus sebagai Paskibraka tingkat Provinsi dan satu orang lolos dan menjadi Paskibraka tingkat Nasional,” sampai Yusuf.

Atas keberhasilan anggota Paskibraka Kabupaten Rejang Lebong tersebut, menurut Yusuf panitia dari Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Rejang Lebong telah menyiapkan reward. Reward atau penghargaan yang akan diberikan yaitu berupa kegiatan darmawisata yang direncanakan ke Pulau Jawa. “Sebagai bentuk terima kasih dan penghargaan kepada anggota Paskibraka kita, maka kita rencanakan mengajak mereka berdarmawisata ke Pulau Jawa,” demikian Yusuf. (251/prw)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*