Pasien Operasi Katarak Membludak

OPERASI : Salah satu dari 5 pasien yang menjalani operasi katarak di RSUD Kabupaten Benteng, kemarin (12/3).

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Sejak resmi dibuka awal 2020, pasien operasi katarak semakin banyak alias membludak. Hingga kemarin (12/3), sebanyak 15 orang telah terdaftar sebagai pasien operasi katarak.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 9 orang telah dioperasi.Sedangkan sisanya 10 orang pasien yang telah mendaftar akan dioperasi sesuai dengan jadwal selanjutnya.

“Beberapa waktu lalu, sebanyak 4 pasien sudah dioperasi. Hari ini (kemarin,red), operasi terhadap 5 orang pasien juga berjalan sukses,” ungkap Direktur RSUD Kabupaten Benteng, dr Listikarini Hilen Widyastuti, kemarin.

Diakui Hilen, operasi katarak dilakukan oleh dokter spesialis mata dengan menggunakan teknik fekoemulsifikasi. Dengan menggunakan cara itu, lanjutnya, bagian mata pasien tak dijahit dan tak perlu di rawat inap.

Pasien bisa langsung pulang dan cukup rawat jalan sembari menunggu sembuh total.”Operasi katarak hanya 20 menit. Kami mengimbau kepada masyarakat untuk segera mendatangi poli mata RSUD Benteng untuk melakukan konsultasi dan pemeriksaan sebelum akhirnya diatur jadwal operasi,” terangnya.

Selain ajakan kepada masyarakat, Hilen juga akan berkoordinasi dengan seluruh Puskesmas se-Kabupaten Benteng agar rujukan pasien diarahkan ke RSUD Benteng.”Operasi katarak ditanggung oleh BPJS Kesehatan,” tandasnya.(135)