Pasien Isolasi Mandiri di Rejang Lebong Bisa Memilih

Koordinator Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Rejang Lebong, Fahamsyah MPdI

CURUP, bengkuluekspress..com– Dalam pelaksanaan Pilkada serentak Rabu (9/12) ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rejang Lebong memastikan pasien Covid-19 yang tengah melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing masih bisa memilih.
“Untuk pasien Covid-19 yang saat ini tengah melakukan isolasi mandiri, masih bisa memberikan hak suaranya,” ungkap Koordinator Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Rejang Lebong, Fahamsyah MPdI usai pelepasan secara simbolis di gudang logistik KPU Rejang Lebong Selasa (8/12)
Untuk mekanismes pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri memberikan hak suaranya yaitu petugas KPPS akan mendatangi pemilih yang tengah melakukan isolasi mandiri menggunakan Alat Pelindung Diri yang lengkap didampingi oleh petugas pengawasan TPS dan satu orang saksi untuk memastikan bahwa pasien yang melakukan isolasi mandiri tersebut bisa memilih dengan tetap sesuai prosedur protokol kesehatan.
Kemudian untuk memastikan bahwa masyarakat Rejang Lebong yang tengah melakukan isolasi mandiri terdata, maka pada Selasa kemarin petugas KPPS tengah mendistribusikan undangan untuk para pemilih. Dalam menyebarkan undangan tersebut diharapkan bisa mendeteksi pasien Covid-19 yang tengah isolasi melalui keluarga pasien atau perangkat pemerintahan setempat.
“Bila hari ini belum mendapat undangan, kemudian ia ingin menyampaikan hak suaranya, maka saat hari pencoblosan pihak keluarganya bisa menyampaikan kepada petugas KPPS untuk bisa memilih dengan tetap memenuhi standar protokol kesehatan,” tambah Fahamsyah.

Disisi lain terkait dengan logistik pelaksanaan Pilkada serentak 2020 di Kabupaten Rejang Lebong sendiri, menurut Fahamsyah tidak ada masalah lagi, karena di H-1 pelaksanaan Pilkada seluruh logistik sudah di distribusikan 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.
Dimana pada Selasa kemarin distribusi terakhir dilakukan di enam kecamatan yang ada di sekitar Kota Curup yaitu Kecamatan Curup, Curup Selatan, Curup Tengah, Curup Utara, Curup Timur dan Selupu Rejang. Sedangkan untuk sembilan kecamatan lainnya sudah terlebih dahulu didistribusikan pada Senin (7/12).
“untuk logistik alhamdulillah sudah didistribusikan semua ke 15 kecamatan di Kabupaten Rejang Lebong,” demikian Fahamsyah.
Sementara itu, berdasarkan data gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Rejang Lebong. Hingga Selasa jumlah masyarakat Rejang Lebong yang masih terkonfirmasi Covid-19 sebanyak 56 orang setelah pada Selasa kemarin ada penambahan 18 kasus positif Covid-19. Dari 56 orang yang masih positif Covid-19 tersebut sebagian besar menjalani isolasi mandiri.
“Hari ada penambahan 18 kasus terkonfirmasi Covid-19, dimana semuanya menjalani isolasi mandiri,” terang juru bicara gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Rejang Lebong, Syamsir SKM MKM.(251)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*