Pasien Covid-19 02 Mukomuko Dinyatakan Sembuh

MUKOMUKO, bengkuluekspress.com – Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 atau kasus 02 berinisial Ny S (55) warga Desa Tunggang Kecamatan Pondok Suguh Kabupaten Mukomuko dinyatakan sembuh. Ini diketahui setelah keluarga pasien yang bersangkutan membawa pasien tes swab di salah satu rumah sakit swasta di Kota Bengkulu. Sebelumnya pasien tersebut dinyatakan positif ketika dilakukan swab di RSUD M Yunus Bengkulu.
“Pasien 02 inisial Ny S (55) awalnya dilakukan tes swab di M Yunus Bengkulu tertanggal 3 September terkonfirmasi positif. Pihak keluarga pasien membawa pasien untuk tes swab di RSU Ummi Bengkulu tertanggal 14 September dan hasilnya negatif,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Desriani melalui Sekretaris Bustam Bustomo didampingi tenaga tim fungsional epidemeologi bidang pemberantasan penyakit, Asmiar dikonfirmasi BE, Jumat (18/9).

Ia menyampaikan, masyarakat agar tidak membandingkan hasil swab pertama dengan swab berikutnya. Karena perlu diingat ada masa inkubasi selama 14 hari dan virus Covid-19 timbul gejala di hari ke lima dan ke tujuh. “Contohnya kasus 02 itu, sakitnya sudah 2 minggu lalu dan telah melalui masa inkubasi. Ketika diambil swab berikutnya, virus di dalam tubuhnya sudah hilang. Artinya jangan pernah membandingkan hasil swab pertama dengan hasil swab berikutnya. Karena ada masa inkubasinya. Kecuali kalau penyakit HIV, virusnya tetap ada di dalam tubuh seumur hidup,” jelasnya.

Untuk kasus 02 tersebut, pihaknya tetap melakukan pengawasan dan telah menjadwalkan untuk pengambilan swab khusus orang – orang yang kontak erat. Sedangkan pasien 03 inisial Ny M (62) warga Desa Sumber Makmur Kecamatan Lubuk Pinang isolasi mandiri dan tengah dijadwalkan untuk pengambilan swab kedua. Termasuk yang kontak erat juga dijadwalkan untuk pengambilan swab. (900)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*