Pasarkan Kopi Bengkulu


IST/Bengkulu EkspressGubernur Bengkulu Dr H Rohidin Mersyah dan Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan MoU terkait pemasan kopi Bengkulu serta bidang pengembangan kewirausahaan, bidang pertanian, perkebunan, perikanan dan peternakan sebagai potensi Bengkulu. di Jakarta, Senin (29/4).

Pemprov Bengkulu dan DKI Teken MoU

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu dan Pemprov DKI Jakarta resmi mendandatangani MoU terkait pemasan kopi Bengkulu di Jakarta. Penandatangan MoU dilakukan langsung oleh Gubernur Bengkulu Dr H Rohidin Mersyah dan Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan.
Dalam MoU itu tidak hanya kerjasama pemasaran kopi Bengkulu saja, tapi juga bidang pengembangan kewirausahaan, bidang pertanian, perkebunan, perikanan dan peternakan.

“Dengan MoU ini tentunya produk unggulan Bengkulu, khususnya kopi bisa dipasarkan dengan baik,” terang Rohidin usai menandatangani MoU di Jakarta, kemarin (29/4).

Dijelaskannya, Batavia Bencoolen Coffee menjadi brand yang dikenal di nasional, khususnya DKI Jakarta untuk mempromosikan Kopi Bengkulu.Mengingat, kopi Bengkulu memiliki sisi keunikan karena kopi Robusta ini ditaman di lahan Arabika dengan ketinggian lebih dari 800 Meter dari permukaan laut, sehingga menjadi Robusta yang memiliki sedikit rasa Arabika.

“Acidnya mungkin tidak terasa, pahitnya tidak ada sehingga betul – betul unik kopi Bengkulu, sehingga diharapkan ini menjadi salah satu produk alternatif yang bisa di konsumsi oleh masyarakat Indonesia khususnya DKI, jadi benar – benar kopi yang menyehatkan,” bebernya.

MoU yang dilakukan bersamaan dengan Peresmian Jakbook, TPA Bina Tunas Jaya IV dan Jakmart Pasar Kenari Oleh Gubernur DKI Anies Baswedan ini, Rohidin menegaskan, potensi Bengkulu memang sudah banyak diunggulkan. Karena memang diolah secara sederhana dengan menghasilkan kwalitas yang luar biasa.

“Kami ingin produk dari daerah yang dihasilkan oleh masyarakat pedesaan, masyarakat – masyarakat pedesaan, petani tradisional yang dielola secara organik, bisa tampil dalam pasar modern dan di terima oleh pasar nasional bahkan internasional,” tambah Rohidin.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berjanji akan memfasilitasi kopi – kopi dari Bengkulu dan harapannya ke depan kopi Bengkulu dikenal luar baik di DKI Jakarta maupun di mancanegara. “Kita harapkan PD Pasar Jaya didukung dan dipastikan bahwa kopi dari berbagai daerah khususnya Bengkulu betul – betul bisa menjadi kopi bagi masarakat di DKI Jakarta kedepan, kita ingai jangan hanya DKI memfasilitasi kopi internasional justrul lebih banyak kopi domestik dan kita mulai dari Bencoolen Coffee, terima kasih dengan kombinasi namanya Batavia Bencoolen Coffee, ” terang Anis.

Dalam kesempatan itu, Anis menyampaikan rasa duka yang mendalam atas musibah banjir dan tanah longsong yang menimpa Provinsi Bengkulu. Namun ia memberikan apresiasi dalam kondisi seperti itu Gubernur beserta jajaran tetap hadir pada agenda ini untuk terus mengangkat perekonomian Bengkulu.

“Gubernur Bengkulu ini ingin betul agar perekonomian rakyat di sana bisa masuk ke Ibu Kota, harapannya masuk internasional dan ini beliau ungkapkan dari awal. Komitmen untuk memperjuangan masyarakat kebanyakan itu luar biasa tinggi,” pungkasnya. (151)