Pasar Tradisional Tuntas Akhir Tahun

Ilustrasi-Pasar-640x381
foto:ist

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Revitalisasi atau perbaikan bangunan pasar di Kabupaten Kepahiang kembali bergulir ditahun 2018 ini, setidaknya ada tiga pasar tradisional akan mendapatkan pembangunan pemerintah. Ketiganya Pasar Talang Babatan, Lubuk Saung di Kecamatan Seberang Musi dan Pasar Kabawetan yang mendapatkan pembangunan dari pemerintah.

Kepala Dinas Pedagangan Koperasi dan UKM Husni Thamrin SE mengatakan total anggaran yang didapat Kabupaten Kepahiang untuk peningkatan bangunan ketiga pasar itu mencapai Rp 3 miliar.

“Nanti sebagian besar anggaran akan dibangun di Pasar Kabawetan,” ujar Husni.

Menurutnya anggaran pembangunan pasar menurun, karena memang pemerintah pusat tak memiliki anggaran yang cukup untuk dikucurkan kedaerah.



“Kalau dulu pemerintah menggelontorkan Rp 3 miliar untuk satu pasar, tahun ini Rp 3 miliar untuk tiga pasar. Karena memang pemerintah tak memiliki anggaran jadi dana berkurang,” tutur Husni.

Dikatakannya, Dinas Perdagangan tengah memproses pengajuan berkas lelang untuk proyek pembangunan pasar ditiga lokasi. Agar proses lelang hingga pekerjaan pembangunan nanti tidak mengalami kendala keterlambatan waktu. “Dalam bulan kita kita sudah mulai pengajuan,” sebutnya.

Dijelaskannya, jika pasar-pasar di Kabupaten Kepahiang masih sangat membutuhkan pembangunan. Sebab sejauh ini baru Pasar Bukit Menyan yang masuk tipe desa. Sedangkan pasar-pasar lainnya belum miliki tepi, karena memang pembangunan belum menjangkau. (320)