Pasar Minggu Bengkulu Pusat Penjualan Burung, 3 Jenis Burung Ini Banyak Diminati

GINTA ARI WIJAYA/BE – Penjual Burung di Pasar Minggu, Kota Bengkulu, Senin (14/9).

BENGKULU, BE – Pasar Minggu sebagai salah satu pasar terbesar di Kota Bengkulu. Pasar ini banyak menjual aneka kebutuhan masyarakat Bengkulu. Salah satunya menjadi pusat penjualan burung di Kota Bengkulu. Banyak penjual burung di Pasar Minggu menawarkan berbagai jenis burung dengan berbagai varian kualitas dan harga sehingga banyak kicau mania mendatangi tempat ini. Untuk mendapatkan burung berkualitas bagus untuk dilombakan atau hanya sekedar dipelihara.

Salah seorang penjual burung di Pasar Minggu Kota Bengkulu, Agus Wandi (33), kepada BE, Senin (14/9) menuturkan, ”Ada 3 jenis burung yang banyak diminati oleh para pecinta burung.”

Pertama yaitu Burung Murai Batu. Burung jenis ini menduduki posisi pertama burung berkicau yang banyak diminati dan isukai oleh kicau mania. Namun, burung Murai batu ini memiliki populasi yang sedikit sehingga penjualannya pun cukup terbatas. Terbatasnya jumlah dan kicauannya yang merdu dan lantang membuat burung ini diberi harga yang cukup fantastik, dengan kisaran Rp 2-10 juta.

Posisi kedua, Burung Lovebird. Burung ini harganya sempat melangit, namun kini anjlok dan banyak masyarakat memilikinya. Selain perawatannya yang mudah dan makanannya yang murah, burung Lovebird sering dilombakan.
Burung Lovebird ini memiliki ciri beragam dan dikenal dengan kicauannya yang panjang. Harganya pun bervariasi, sesuai dengan warna dan kicauannya. Harga Lovebird anakan sekiatar Rp 100 ribu. Sedangkan, Lovebird yang sudah jadi dengan kicau bagus, dibandrol seharga Rp 200 ribu hingga Rp 700 ribu.

Terakhir, Burung Perkutut, dengan ciri khas badan yang lebih besar dan gagah dengan suara yang keras dan ngebas. Harganya pun cukup terjangkau hanya kisaran Rp 20 ribu sampai Rp 100 ribu. Burung ini biasanya dibeli bukan karena sering dilombakan, namun untuk dipelihara.

Agus Wandi juga menjelaskan, ketiga burung itu sangat dominan penjualannya di Pasar Minggu dan
banyak diburu oleh para pecinta burung dari Kota Bengkulu.

“Burung Murai Batu dan Lovebird memang laris dipasaran, karena mudah diternak dan sering dilombakan, tapi untuk perkutut kebanyakan orang beli untuk dipelihara di rumah,” tambah Agus.  (Mg4)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*