Pasar Inpres Jadi Semi Modern

Pedagang Setujui Pasar Ampera Jadi PTM
Foto : IST

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress– Direncanakan tahun 2019 mendatang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kaur akan melakukan renovasi besar-besaran pasar inpres kota Bintuhan. Hal ini menyusul telah dikantonginya hibah lahan secara keseluruhan di lokasi tersebut.

“Ya memang rencananya pasar inpres tahun 2019 akan kita renovasi total direncanakan akan jadi pasar semi modern nantinya,” kataKabid Perdagangan di Dinas Koperasi UKM, Prindusterian dan Perdagangan (Diskop UKM Prindag) Kaur Agus Supianto S Pd I belum lama ini.

Dikatakan Agus, pihaknya mengaku sudah melakukan koordinasi dengan pengelola pasar yang saat ini ditunjuk, hasilnya sebagian besar lahan pasar memasang saat ini sudah di hibahkan dengan Pemkab Kaur nanti di saat pembangunan akan dilakukan relokasi pedagang tentunya.



“Ini juga sudah kita bicarakan dan pihak pengelola siap membantu bila memang rencana ini kita wujudkan tahun 2019 nanti,” imbuhnya.

Dia mengakui saat ini kondisi pasar inpres sebagai pasar harian satu satunya di Kabupaten Kaur memang lahannya sudah sempit. Sehingga penataan penjual serta lokasi yang baik akan memudahkan pengunjung untuk masuk dan mencari barang yang diperlukan.

Saat ini selain pintu masuk yang sempit juga beberapa lokasi jualan yang tidak tertata dengan baik sehingga membutuhkan perbaikan dan renovasi besar-besaran. “Tahun ini kita masih fokus membangun sentral kuliner dengan lapangan merdeka yang saat ini sedang tahap pembangunan, baru nantinya kita menggarap pasar inpres,” imbuhnya.

Ditambahkannya, saat ini pihaknya sudah menyampaikan draf usulan pembangunan pasar inpres dengan kementrian perdagangan dengan harapan tahun 2019 mendatang kucuran DAK sektor perdagangan dapat lebih besar lagi disalurkan ke Kabupaten Kaur. Sehingga harapan pembangunan yang lebih besar dapat terwujudkan, dengan demikian pasar ini menjadi ikon daerah juga nantinya bila alokasi dana yang dikucurkan cukup besar.

“Saat ini pasar inpres pedangnya sudah tumpah ruah hingga keluar lokasi pasar, sehingga sudah saatnya dilakukan pembangunan dan renovasi besar-besaran,” tandasya.(618)