Pasar Desa Tanjung Alam Dibangun

KEPAHIANG, Benkulu Ekspress – Gerakan pembangunan dan perbaikan sarana prasarana umum pasar desa di Kabupaten Kepahiang, terus berlanjut. Tahun ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang, bakal membangun Pasar Desa Tanjung Alam Kecamatan Merigi.

Total anggaran Rp 1 miliar disiapkan Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM untuk membangun pasar atau yang lebih dikenal masyarakat dengan istilah pekan. Kepala Dinas Koperasi UMKM Kepahiang Husni Thamrin mengatakan, anggaran pembangunan pasar Desa Tanjung Alam bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2020.

Pasar Tanjung Alam sudah masuk dalam 27 daftar pasar di Kabupaten Kepahiang, karena selama ini terkendala tidak adanya lahan maka pasarnya belum dapat dibangun.

“Selama ini sudah terdaftar sebagai salah satu dari 27 pasar yang ada di kabupaten Kepahiang hanya saja untuk melakukan pembangun pasar tersebut selama ini terkendala tidak adanya masyarakat yang ingin menghibahkan lahan untuk pembangunan pasar,” ungkap Husni.

Menurut Husni, ada beberapa faktor yang menjadi dasar untuk dilakukan pembangunan pasar desa di Desa Tanjung Alam, salah satunya ketersedian lahan, ditambah dengan embrio pasar sudah ada.

“Tentunya dengan adanya pasar aktivitas masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari bisa lebih mudah. Sebab daerah ini memang cukup jauh dari kawasan pasar induk,” tuturnya.

Pemerintah tengah melaksanakan penyusunan rencana umum pengadaan (RUP) oleh bidang perencanaan dan ditargetkan pengerjaan fisik pembangunan tersebut dimulai pada bulan April mendatang. “Kalau saat ini lagi persiapan RUPnya kita targetkan april sudah mulai pengerjaan fisik, ” tutupnya. (320)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*