Pasar Ampera akan Dibangun Kembali

KOTA MANNA, BE – Ratusan kios dan los Pasar Ampera yang terbakar Senin lalu, rencananya akan dibangun kembali oleh Pemkab BS tahun 2013 mendatang. Hal ini diungkapkan Wakil Bupati BS, Dr drh Rohidin Mersyah MMA usai menjadi pembina upacara HUT Korpri, kemarin.

Menurutnya, untuk membangun kios dan los tersebut, Pemkab merencanakan akan menggunakan dana dari APBD 2013. Sumber dana itu akan diambil dari dana untuk pembelian alat berat yang batal dilaksanakan dan juga dana untuk kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD). Pasalnya kata dia, pada tahun 2013 mendatang, Pemkab BS belum akan menganggarkan dana untuk kegiatan TMMD dan pembelian alat berat. “Rencananya kegiatan TMMD dan pembelian alat berat pada tahun 2013 ditiadakan, maka akan dialihkan ke pembangunan kios dan los,” ucapnya.

Lanjut dia, pembangunan kios dan los Pasar Ampera tahun 2013 mendatang dapat dilakukan, mengingat jika berpatokan pada tahun 2012 lalu, dana untuk TMMD besarnya hampir Rp 10 M, begitu juga dengan dana untuk pembelian alat berat juga hampir Rp 10 M. Sehingga dengan ditiadakannya dua kegiatan itu, maka akan ada dana sekitar Rp 20 M untuk membangunan kios dan los Pasar Ampera.
Hanya saja, untuk saat ini sebelum kios dan los itu dibangun pihaknya mengizinkan para pedagang untuk membuat kios dan los darurat dengan catatan saat akan dimita dibongkar oleh Pemda pada saat akan dilakukan pembangunan para pedagang tidak akan menuntut ganti rugi.(369)