Partisipasi Pemilih Pemilu Capai 77 Persen

foto : Irwan Saputra

Bengkulu, Bengkuluekspress.com – Pemilu serentak di Provinsi Bengkulu, yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu, bisa dikatakan sukses dan lancar. Dengan tingkat partisipasi pemilih yang sudah mencapai 77 persen atau sekitar 1 juta pemilih.

Ketua KPU Provinsi Bengkulu, Irwan Saputra, S.Ag kepada bengkuluekspress.com, Jumat (3/5) menuturkan, “Partisipasi pemilih sekarang sudah mencapai 77 persen dengan jumlah partisipasi sebanyak 1 juta lebih. Walaupun belum selesai semua pleno di tingkat kabupaten/ kota,” ujar Irwan kepada Bengkuluekspress.com.

KPU provinsi Bengkulu sebelumnya menargetkan partisipasi pemilih di Provinsi Bengkulu, sebesar 80 persen. Dengan partisipasi pemilih yang sementara ini menembus angka 77 persen maka setelah perhitungan perolehan suara tuntas diyakini mampu mencapai dari target itu.

“Proses pleno rekapitulasi yang sudah selesai di Provinsi Bengkulu, saat ini baru Rejang Lebong, Kepahiang dan Bengkulu Utara. Untuk yang lainnya ada yang masih berproses dan baru dimulai besok,” katanya.

Ketua Bawaslu Provinsi Bengkulu, Parsadaan Harahap, mengimbau masyarakat agar menyikapi proses pemilu yang masih berjalan ini secara profesional. Dia juga meminta untuk sama-sama mengawasi setiap proses yang berjalan.

“Bila ditemukan ada dugaan pelanggaran, dapat memberikan informasi atau melaporkannya. Mari kita tunggu prosesenya. Jika ada memang sifatnya dugaan pelanggaran yang di lakukan, maka laporkan. Jangan membangun opini sendiri, tetapi harus memberikan bukti,” tegasnya.

Ditambahkannya, jangan sampai penyelenggara dianggap tidak kredibel. Jika ada pelanggaran, maka sampaikan itu sesuai peraturan dan mekanisme yang ada.(HBN)