Partisipasi Pemilih Lampaui Target

Foto : IST

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Tingkat partisipasi pemilih dalam pemilihan umum (Pemilu) pada Rabu (17/4) lalu di Kabupaten Kaur sangat tinggi, yakni mencapai 87 persen. Angka tersebut, lebih tinggi dari target yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), yakni sebesar 77,5 persen. Hal itu berdasarkan pada data yang dihimpun KPU Kaur.

“Untuk partisipasi pemilih mencapai 87 persen, dan ini telah melampaui target yang ditetapkan sebesar 77,5 persen,” kata Komisoner KPU Kaur, Yuhardi SIP MH, kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (24/4).

Dikatakan Yuhardi, berdasarkan data yang masuk di KPU, jumlah warga Kaur yang menggunakan hak suaranya pada Pemilu 2019 lalu sebanyak 77.930 pemilih dari total jumlah DPT 89.564. Peningkatan partisipasi pemilih dalam Pemilu kali ini juga dipengaruhi banyaknya DPTb yang menggunakan hak pilihnya di Kaur. Bahkan, karena hal itu membuat jumlah surat suara Pilpres di beberapa kecamatan ludes.



“Ini juga menunjukkan adanya peningkatan kesadaran masyarakat untuk menyalurkan hak suaranya ke tempat pemungutan suara (TPS) masing-masing,” terangnya.

Lanjutnya, partisipasi pemilih yang melampaui target ini menunjukkan jika sosialisasi yang telah dilakukan KPU dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kaur kepada warga cukup berhasil. Sebab dengan adanya sosialisasi, masyarakat kian memiliki kesadaran untuk menyalurkan hak pilih dalam pesta demokrasi. Sebab masyarakat juga pada dasarnya ingin berkontribusi dalam ajang lima tahunan tersebut.“Tingginya partisipasi pemilih ini, baginya, menjadi kebanggaan tersendiri khususnya untuk seluruh warga Kaur, karena sosialisasi yang kita lakukan selama ini berhasil,” terangnya.

Ditambahkannya, ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada sejumlah pihak yang telah membantu dalam mensosialisasikan terkait dengan pemilihan, sehingga warga Kaur tingkat Golputnya semakin rendah. Dia memastikan hanya sebagian kecil saja yang tetap tak menyampaikan pilihannya saat Pemilu sedang berlangsung. “Semuanya ini berkat bantuan berbagai pihak sehingga Pemilu berjalan sesuai dengan yang kita harapkan,” tandasnya. (618)