Partisipasi Pemilih Lampaui Target

Foto : IST

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Angka partisipasi pada pemilihan umum (Pemilu) di Kabupaten Kepahiang pada tanggal 17 April 2019 lalu berhasil melampaui target ditetapkan KPU Kabupaten Kepahiang. Komisioner KPU Kabupaten Kepahiang Divisi Sosialsiasi dan Partisipasi Masyarakat, Supran Efendi MPd menjelaskan, target partisipasi Pemilu serentak di Kabupaten Kepahiang ditetapkan sebesar 80 persen dari data pemilih.

“Secara keseluruhan, data pilih di Kabupaten Kepahiang berjumlah 113.819 jiwa. Semuanya merupakan kalkulasi dari DPT, DPTb dan DPK,” ungkap Supran.

Lebih lanjut, Supran menjelaskan, jumlah pengguna hak pilih yang tercatat memiliki perbedaan pada setiap pemilihan. Dari hasil pendataan, pengguna hak pilih pada pemilihan DPD RI 92.754, DPR RI 92.753. “Partisipasi pemilih melampaui target, karena pengguna hak suara mencapai 85,6 persen,” ujar Supran.

Menurutnya, peningkatan jumlah pengguna hak suara dalam Pemilu serentak 2019 di Kabupaten Kepahiang karena banyak faktor. Selain karena sosialisasi yang dilaksanakan secara maksimal, juga didukung faktor Pemilu serentak antara Legislatif dan Pilpres. “Faktor pendukungnya bisa juga karena pemilu serentak,” sebutnya.

KPU Kepahiang sudah melaksanakan Sidang Pleno tingkat Kabupaten, hasilnya sudah disampaiakan ke KPU Provinsi untuk proses pleno selanjutnya. Saat ini KPU Kepahiang tinggal menunggu jadwal penetapan dewan terpilih di Kabupaten Kepahiang priode 2019-2024. (320)