Partisipasi Pemilih Lampaui Target

Foto : Komisioner KPU Benteng, Meiki Helmansyah SPd

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Angka partisipasi pemilih pada pemilihan umum (Pemilu) di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) tanggal 17 April 2019 lalu berhasil melampaui target yang telah ditetapkan oleh KPU Kabupaten Benteng. Komisioner KPU Kabupaten Benteng Divisi Sosialsiasi dan Partisipasi Masyarakat, Meiki Helmansyah SPd menjelaskan, target partisipasi Pemilu di Kabupaten Benteng ditetapkan sebesar 85 persen dari data pemilih.

“Secara keseluruhan, data pilih di Kabupaten Benteng berjumlah 83.295 jiwa. Semuanya merupakan kalkulasi dari DPT, DPTb dan DPK,” ungkap Meiki.

Sedangkan jumlah pengguna hak pilih yang tercatat memiliki perbedaan pada setiap pemilihan. Dari hasil pendataan, pengguna hak pilih pada pemilihan Presiden dan Wakil Presiden berjumlah 73.661 suara (88,4 persen), DPR RI sebanyak 73.600 suara (88,3 persen), DPD RI sebanyak 73.600 suara (88,3 persen) dan DPR Provinsi Bengkulu sebanyak 73.562 suara (88,3 persen).



“Baik pada pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPR Provinsi. Selain itu, pengguna hak pilih pada pemilihan DPRD Kabupaten Benteng juga mengalami perbedaan di masing-masing daerah pemilihan (dapil). Secara keseluruhan, partisipasi pemilihan DPRD Kabupaten Benteng sebesar 87,9 persen,” papar Meiki.

Atas keberhasilan itu, lanjut, tentunya tak terlepas dari kekompakan tim sosialisasi KPU Kabupaten Benteng yang secara masif melakukan tatap muka ke semua elemen. Mulai dari remaja, tokoh masyarakat, tokoh adat, sekolah, pemilih perempuan serta tokoh agama.

“Tingginya angka partisipasi tentu saja tak terlepas dari dukungan dan arahan dari KPU Provinsi Bengkulu. Selain itu, kinerja relawan demokrasi (relasi) juga sangat mengagumkan. Mereka aktif menggelar sosialisasi ke desa-desa dan menyasar semua lapisan masyarakat,” pungkas Meiki.(135)