Partisipasi Pemilih Kepahiang 73 Persen

Meskipun TPS digenangi air hujan, masyarakat Desa Embung Ijuk Kecamatan Bermani Ilir tetap mendatangi TPS untuk memilih.

KEPAHIANG, bengkuluekspress.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepahiang gagal merealisasikan target partisipasi maksimal di Pilkada serentak 9 Desember 2020. Pasalnya berdasarkan perhitunggan KPU Kepahiang Kamis (10/12), jumlah pemilih yang mencoblos hanya sebesar 73 persen dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT) 107.734.

“Perhitungan kita partisipasi pemilih mencapai 73 persen,” ungkap Komisioner KPU Kepahiang, Ikrok SPd.

Meskipun belum mencapai target, Ikrok menilai jumlah warga yang menggunakan hak pilihnya baik Pilbup maupun Pilgub, cukup tinggi. Itu menunjukkan adanya semangat tinggi masyarakat dalam menentukan calon pemimpinya lima tahun ke depan, serta berbagai upaya sosialisasi yang dilakukan KPU beserta jajaran bisa menjangkau masyarakat secara luas.

Sebelumnya, peningkatan partisipasi pemilih jadi target KPU Kabupaten Kepahiang di Pilkada serentak 2020. KPU Kepahiang menargetkan bisa mempertahankan capaian 85,6 persen pemilih sesuai dengan angka partisipasi dalam Pemilu 2019 lalu. Berbagai sosialisasi dilakukan untuk mencapai target, walaupun dalam realitasnya jumlah pemilih yang menggunakan hak suaranya masih dibawah 80 persen. (320)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*