Parpol Diminta Usulkan Cawagub

BACALEG
Foto : Ist

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Meski DPRD Provinsi Bengkulu telah melayangkan surat kepada Gubernur Bengkulu Dr H Rohidin Mersyah untuk mengusulkan nama calon wakil gubernur (cawagub), namun belum juga diserahkan ke DPRD. Untuk itu, DPRD hanya bisa menunggu.

“Sekarang kita tunggu saja dulu. Kita berikan waktu kepada parpol pengusung untuk mengusulkan ke gubernur dan gubernur mengusulkan ke DPRD,” kata Ketua DPRD Provinsi Bengkulu, Ihsan Fajri SSos kepada BE, kemarin (13/5).

Dijelaskannya, waktu 15 hari yang diberikan dewan tentunya harus diindahkan oleh gubernur. Karena sesuai dengan UU, Ketua DPRD memiliki kewenangan untuk menyurati gubernur agar memberikan usulan nama cawagub ke DPRD.  “Sesuai dengan aturan memang begitu,” tambahnya.

Menurut Ihsan, parpol pengusung yaitu Partai Hanura, PKB, Nasdem dan PKPI harus mengusulkan kadernya menjadi cawagub. Sebab, jika tidak mengusulkan, maka akan merugikan parpol tersebut lantaran tidak bisa menyiapkan kadernya sebagai cawagub. Sebab, peran wagub juga sangat penting untuk membantu kinerja gubernur menjalankan tugasnya.  “Rugi kalau parpol tidak mengusulkan cawagubnya,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah mengatakan, belum ada satu parpol pun mengirimkan nama cawagub ke gubernur.  “Belum ada yang mengirimkan nama satupun ke saya. Baik secara langsung maupun secara lisan,” terang Rohidin.

Terkait batas waktu 15 hari surat dari DPRD Provinsi sendiri, Rohidin menegaskan, batas 15 hari itu ketika sudah ada nama cawagub ke gubernur. Namun jika belum, maka hitungan surat 15 hari itu belum berlaku. Harusnya, menurut Rohidin, surat tersebut ditunjukan ke parpol pengusung, sehingga parpol pengusung bisa mempercepat proses pengiriman nama cawagub ke gubernur.  “Kalau nama itu sudah ada di saya, tapi belum diserahkan ke DPRD, maka perlu disurati,” ungkapnya.

Rohidin menegaskan, untuk mengusulkan nama cawagub merupakan hak empat parpol pengusung. Baik mengirimkan empat nama maupun satu nama sekalipun ke gubernur. Sehingga proses pemilihan wagub di DPRD Provinsi bisa segara dilakukan.  “Kalau dikirim satu orang itu bagus. Bisa langsung saya kirim ke DPRD dan langsung dipilih,” paparnya.

Jikapun nantinya dikirim empat nama oleh masing-masing parpol, tentunya nama-nama tersebut akan dikaji oleh gubernur. Empat nama tersebut akan disampaikan ke publik. Gubernur juga akan meminta masukan dari masyarakat, sehingga ketika menentukan cawagub tidak salah.  “Kalau ada empat nama, nanti kita minta masukan dari masyarakat, termasuk dari teman-teman media. Mana yang sebenarnya dikehendaki oleh masyarakat,” tambah Rohidin.

Meski demikian, Rohidin tetap tidak mau banyak kriteria yang akan menjadi wagubnya nantinya. Terpenting menurut Rohidin, wagub bisa bersinergi dan memiliki niat yang kuat membangun Bengkulu. Termasuk meneruskan visi misi yang sudah dibangun selama ini. “Itu yang paling penting. Bisa saling bersinergi,” pungkas Rohidin. (151)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*