Parkir Pesawat di Depan Pub

8813_7253__ilus-JAGATKOTA Newman, Australia Barat, mendadak heboh. Sebab, kota pertambangan kecil itu tiba-tiba disambangi pesawat yang parkir di jalanan kota. Penyebabnya, sopir pesawat mampir di sebuah pub untuk membeli bir.
”Ya, dia parkir di sini, di depan Purple Pub,” kata Beau Woolcock, warga Newman, kepada ABC Radio.

Memang, pesawat tersebut kecil. Yakni, Beechcraft, kapal terbang mini berpenumpang dua orang. Selain itu, pesawat tersebut tidak memiliki sayap. Sehingga, pesawat berjalan begitu saja seperti mobil yang menggelinding. Karena itu, yang nyetir belum layak ”digelari” pilot, lah. Wong, pesawatnya enggak terbang.

Meski insiden tersebut langsung jadi bahan rasan-rasan (pergunjingan) di kota, aparat menganggapnya tidak lucu. ”Itu hal bodoh,” sembur Sersan Mark McKenzie, anggota kepolisian Newman. Sebab, kata dia, mesin pesawat tetap bekerja. Baling-balingnya berputar. Mengemudinya pun tetap memakai pedal kaki, peranti pesawat untuk bergerak ke kanan dan kiri.

”Mungkin orang-orang menganggap lucu. Tapi, ini sangat berbahaya. Dan kami tidak suka itu,” ujar polisi tersebut.

Koran The West Australian menulis, staf pub itu menjuluki lelaki yang mampir dengan pesawat tersebut sebagai seorang legenda. Sebab, barangkali, tak banyak pengunjung yang datang dengan pesawat udara di tempat minum itu. (AFP/c10/dos)