Pariwisata Tanggung Jawab Bersama

ARY/BE
Sekda Kabupaten Rejang Lebong RA Denni SH MM saat membuka pelatihan pemandu wisata alam – ekowisata yang dilaksanakan Dinas Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong Senin (2/12) kemarin.

CURUP, bengkuluekspress.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rejang Lebong RA Denni SH MM mengungkapkan bahwa pengembangan pariwisata adalah tanggung jawab bersama. Sehingga menurutnya bukan hanya ada ditangan pemerintah saja, namun juga berbagai komponen termasuk masyarakat sendiri.

“Maju dan berkembangnya pariwisata bukan hanya tanggung jawab pemerintah daerah saja, namun juga berbagai pihak termasuk masyarakat dan pemandu wisata,” sampai Sekda saat membuka pelatihan pemandu wisata alam – ekowisata yang dilaksanakan Dinas Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong Senin (2/12) kemarin.

Oleh karena itu, menurut Sekda untuk memajukan pariwisata khususnya di Kabupaten Rejang Lebong semua bidang harus bergerak, ia mencontohkan untuk pemandu wisata, maka menurutnya para pemandu wisata yang ada di Kabupaten Rejang Lebong harus menguasa objek-objek wisata yang ada di Kabupaten Rejang Lebong mulai dari sejarah objek wisata tersebut hingga budaya dan lainnya dan yang tak kalah pentingnya para pemandu wisata harus memiliki sikap yang baik sehingga wisatawan bisa betah di Kabupaten Rejang Lebong. “Pemandu wisata ini juga menjadi bagian penting dari wisata, bila pemandu kita memiliki sikap dan baik serta menguasai pariwisatanya, maka tidak menutup kemungkinan mereka yang awalnya hanya ingin sehari bisa menjadi dua hari atau lebih,” tambah Sekda.

Oleh karena itu, Sekda berpesan kepada para peserta pelatihan pemandu wisata kemarin untuk bisa mengikuti kegiatan tersebut dengan baik, karena menurut Sekda dalam kegiatan tersebut para pemandu wisata akan diberi pengetahuan dan wawasan untuk meningkatkan kemampuan mereka.

Di sisi lain, Sekda mengungkapkan Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong fokus dalam mengembangkan pariwisata di Kabupaten Rejang Lebong, karena menurutnya pariwisata memiliki dampak yang luas bagi masyarakat. Karena menurutnya bila pariwisata di Kabupaten Rejang Lebong maju dan berkembang maka biisa meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong, Dra Upik Zumratul Aini MSi mengungkapkan kegiatan yang mereka laksanakan hingga tanggal 5 Desember tersebut tak lain untuk meningkatkan tata kelola dan kapasistas masyarakat dan pelaku usaha pariwisata. “Dengan kegiatan pelatihan ini kami berharap para pemandu wisata di Kabupaten Rejang Lebong akan semakin profesional,” harap Upik. Dalam kegiatan tersebut, menurut Upik pihaknya menghadirkan sejumlah kalangan untuk menjadi pemateri mulai dari akademisi pariwisata, praktisi pariwisata hingga dari pemerintahan. (251)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*