Pariwisata, Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi

Nuriansyah ST Plt Kadis Parpora

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Pertumbuhan ekonomi masyarakat menjadi sektor yang fokus dibangun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang. Sehingga berbagai program pembangunan diarahkan untuk mencapai target tersebut. “Berbagai fasilitas yang dibangun di objek wisata guna menumbuhkan jumlah wisatawan ke Kabupaten Kepahiang,” ungkap Plt Kadis Pariwisata Pemuda Olahraga (Parpora) Kepahiang, Nuriansyah ST melalui Kabid Distinasi Wisata, A Syartoni.

Menurutnya, selain melalui anggaran APBD, pihaknya juga mencari investor besar yang besedianya menanamkan modal untuk membangun fasilitas wisata.  “Kita juga memiliki spot wisata bagus yang ditawarkan kepada pengusaha. Jika mereka bisa membangunnya, kita siap untuk berkerjasama,” tutur Syartoni.  Dengan dikembangkan objek-objek wisata bisa mendorong masyarakat lokal dalam membuka berbagai usaha. Sehingga warga sekitar lokasi bisa diberdayakan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.



“Ada auning pedagang yang juga kita bangun, fasilitas ini bisa dimanfaatkan warga dalam membuka usaha.

Setiap wisatawan yang datang akan mencari barang khas daerah kita, barang-barang lokal ini bia diproduksi secara mandiri oleh masyarakat dan dipasarkan di kawasan pariwisata,” ujarnya. Sektor pariwisata yang dikembangkan Pemkab Kepahiang sejak tahun lalu ialah kawasan wisata perkebunan teh. Dengan membangun fasilitas umum, seperti kamar mandi dan lainya. Kedepan, pemerintah akan membangun pelebaran jalan menuju kawasan pariwisata serta melengkapi fasilitas waterbom guna memanjakan para wisatawan yang berlibur atau jalan-jalan di Bumi Sehasen tersebut. (320)