Pariwisata Butuh SDM Mumpuni

sdm
Foto : ist

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Pembangunan sektor pariwisata di Bengkulu tidak hanya fokus pada pengembangan infrastruktur fisik semata, akan tetapi harus juga didukung dengan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni.

“Sekarang berbagai pihak fokus pada pembangunan fisik, perbaikan (destinasi wisata), terus sumber daya manusianya bagaimana,” kata Anggota DPD RI Muhammad Saleh, kemarin (25/9).

Ia mengaku, persoalan SDM sangat penting dalam mendukung majunya sektor pariwisata di Bengkulu. Karena tanpa SDM yang mumpuni maka menurutnya hal tersebut tidak akan mampu mendorong kemajuan dan dikhwatirkan banyak masyarakat di Bengkulu pada akhirnya tidak mampu memaksimalkan potensi yang ada.

“Jangan sampai masyarakat Bengkulu tidak bisa mengenalkan pariwisata Bengkulu ke orang asing karena SDMnya tidak ada,” terang Saleh.

Salah satu yang menjadi perhatian penting untuk mengembangkan SDM kepariwisataan yakni mampu berbahasa inggris dengan baik. Karena jika mengacu pada konsep pariwisata yang maju dan berkembang, maka target kunjungannya adalah turis mancanegara. Oleh karena itu, apa pun fokus usaha maupun industri kreatif masyarakat, mestinya dikembangkan berbarengan dengan kemampuan berbahasa inggris yang baik.

“Karena kita akan berinteraksi dan berkomunikasi dengan turis asing, mereka lah target pasar kita kalau berbicara pariwisata,” ucapnya. Salah satu bentuk nyata yang telah dilakukan pihaknya yaitu membangun lembaga pendidikan bernama Kampung Inggris Raflesia Bengkulu dengan mendatangkan tenaga pengajarnya langsung dari Eropa.

“Di sini para generasi muda Bengkulu mendapatkan skill berbahasa tidak hanya penulisan tetapi juga pengucapan, dan ini sudah berlangsung beberapa tahun ini,” ungkap Saleh.

Para peserta didik, belajar di Kampung Inggris ini secara gratis tanpa dibebankan biaya apa pun. Mereka, lanjut Saleh akan mendapatkan pendidikan selama empat bulan.”Kita buka pendaftaran untuk periode keempat, dan hari ini sudah diterima peserta didik sebanyak 300 orang,” tutup Saleh.



Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, Yudi Satri DA mengaku, sudah sering melakukan pelatihan kepada masyarakat untuk meningkatkan kualitas SDM yang ada didalam bidang kepariwisataan. Bahkan pihaknya akan terus mendorong kemajuan pariwisata dengan menerapkan pola pembangunan pariwisata melalui peran serta masyarakat di Bengkulu.

“Kami selalu meningkatkan SDM di bidang kepariwisataan bagi masyarakat dan kami ucapkan terimakasih kepada bapak M Saleh telah mendukung kemajuan SDM melalui peningkatan berbahasa Inggris,” tutupnya. (999)