Paripurna Minim Anggota Dewan

 

Paripurna sepi kehadiran anggota DPRD maupun pejabat (2)

TAIS, Bengkulu Ekspress – Menjelang pelaksanaan dan pengumpulan berkas bakal calon pemilihan legislatif (Pileg) 2019 saat ini. Sebagian besar anggota DPRD Seluma tidak datag ke kantor. Mereka dominan sedang melengkapi berkas persyaratan kesehatan di RSJKO Kota Bengkulu, untuk kepentingan pencalonannya. Dampaknya sidang paripurna dengan agenda mendengarkan jawaban exsekutif terhadap pandangan fraksi yang berlangsung kemarin (5/7) minim anggota dewan. Hanya dihadiri11 orang Anggota DPRD Seluma saja.

“Hari ini rekan-rekan yang tidak hadir tengah berada di RSJKO melengkapi persyaratan dalam pencalonan. Mereka sudah meminta izin tidak bisa hadir dalam paripurna,” tegas Badan Kehormatan (BK) DPRD Seluma, Eli Suryani, yang juga darin Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Selain berada di RSJKO, anggota dewan lainnya ada juga yang sedang mengurus surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) di kepolisian dan tidak mengunakan narkoba ke rumah sakit. Meski anggota dewan yang hadir minim, rapat paripurna itu tetap berlangsung dan sah. Pasalnya, rapat tersebut dari hari sebelumnya sempat diskor dan kemarin baru ditutup.

“Dua hari ini rapat kita tetap korum karena rapat tersebut hanya di skor baru hari ini ditutup skor, lagian kita bukan pembahasan. Mereka ini tanggal 4 sampai tanggal 17 harus lengkap persyaratan pencalonan. Besok pembahasan jadi semua harus hadir, ” ujar Eli.

Selain dewan yang sepi, kursi eksekutif untuk pejabat esellon III dan IV juga tampak kosong. Hanya ada beberapa kepala organisasi perangkat daerah (OPD) yang terlihat hadir. “Kalau masalah eksekutif banyak kosong kita tidak tahu itu masalah eksekutif. Udangan tetap kita jalankan cuman kita tidak tahu mengapa mereka tidak hadir,” ungkap Eli. Diketahui, Anggota DPRD Seluma yang hadir pada Paripurna kemarin antara lain, Husni Thamrin dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Okti Fitriani, Gibson Manalu dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). Muharam dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Romania dari partai PKPI, Zainal Arifin dari Partai Golongan Karya (Golkar), Subrin dari Golkar, Eli Suryani dari PDIP, Pahroni dari Nasdem, Zan Lasmi dari Nasdem, dan Heriyanto dari Partai Demokrat.

Dalam paripurna itu, Wakil Bupati Seluma Suparto MSi menyampaikan, eksekutif sangat menghargai saran dan masukan dari fraksi PAN dalam rangka meningkatkan pembangunan daerah, untuk menghujudkan cita cita masyarakat Kabupaten Seluma. Namun evaluasi terhadap perangkat daerah menjadi pertimbangan kedepannya. Dengan memaksimalkan pitensi sumber daya manusia di lingkungan pemerintahan Kabupaten Seluma melalui penyelenggaraan bimbingan teknis serta penyusunan setandar oprasional prosudur tentang pengelolahan ke uangan.“Kita kukan evaluasi kinerja agar tujuan pembangunan yang di kehendaki bisa terwujud dengan memanfaatkan sumber daya manusia (SDM) yang ada sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi),” sampainya.(333)