Paripurna, Bupati Suguhkan Dewan Jus Buah Naga

Bupati jus naga foto bu IceKEPAHIANG, BE – Bupati Kepahiang Drs H Bando Amin C Kader MM menyuguhi para anggota DPRD Kepahiang dengan jus buah naga. Momen sejarah Bupati menyugukan jus buah naga kepada para politisi ini secara langsung dilakukan bupati dalam pelaksanaan rapat Paripurna penyampaian nota kesepakatan Rancangan APBD tahun 2013 di Gedung DPRD Kepahiang, kemarin.

Suguhan jus buah naga itu disambut antusias kalangan dewan. Sebanyak 25 anggota dewan yang kala itu mengikuti jalannya paripurna berebutan ingin menikmati jus tersebut. Jus buah naga ini sendiri sengaja dipersiapkan oleh Ketua TP PKK dan Ketua Darmawanita Kabupaten Kepahiang.

“Saya rasa ini rapat paripurna kali ini merupakan rapat yang paling istimewa di DPRD Kepahiang. Karena setiap orang akan kita suguhi minuman segar yang merupakan hasil dari salah satu program kita yakni buah naga yang sudah dipersiapkan oleh PKK dan Darmawanita dalam bentuk jus,” ujar Bando dalam paripurna kemarin.

Dikatakan Bando, buah naga sendiri merupakan salah satu program unggulan Pemkab Kepahiang yang dikemas dalam program IKUT SILUNA. Realisasi program ini sudah mendapatkan sertifikasi dari balai penguji holtikultura, sehingga diakui keabsahannya secara nasional.

“Program buah naga ini sangat istimewa karena daerah lain hanya berbuah sekali dalam setahun. Contohnya di Malang, sedangkan di kabupaten kita ini berbuah di sepanjang musim. Harganya Rp 50 ribu per Kg, dengan begitu sudah seharusnya didukung oleh angota DPRD,” jelas Bando.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Kepahiang Ny Hj Ice Rakizah Bando SKm MKes menyampaikan pihaknya selaku tim pengerak PKK di Kabupaten Kepahiang terus berupaya untuk mengembangkan usaha komoditi buah naga yang dikembangkan di Kepahiang saat ini. Hal ini seperti dengan pengemasan buah naga menjadi jus yang saat ini juga sudah dinikmati oleh kalangan dewan serta kepala SKPD lainnya.

“Untuk pengembangan buah naga di Kepahiang ini kita selaku PKK juga sudah turun langsung untuk sosialisasi pembudidayaanya. Seperti adanya jus buah naga ini merupakan kreativitas dari para ibu-ibu PKK di Kepahaing saat ini,” singkat Ice.
Adapun selai disuguhi jus buah naga, usai pelaksanaan rapat paripurna kemarin juga para anggota Dewan dan kepala SKPD juga ditawarkan untuk membeli buah naga yang dibawa langsung oleh seorang petani buah naga dari Desa Weskust Kepahiang. Bahkan beberapa istri penjabat di Pemkab Kepahiang juga tampak turut meramekan pembelian buah naga tersebut. (505)