Panwaslu Desa Dilantik 20 Maret

Ketua Bawaslu Benteng,
Asmara Wijaya ST MAP

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) desa dan kelurahan yang terpilih direncanakan akan dilantik pada tanggal 20 Maret 2020 mendatang.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Benteng, Asmara Wijaya ST MAP mengatakan, pelantikan akan dilakukan di kecamatan masing-masing.”Pelantikan Pawaslu Desa akan dilakukan serentak di setiap kecamatan pada tanggal 20 Maret,” kata Asmara.

Disampaikan Asmara, ada sebanyak 142 orang Panwaslu Desa dan 1 orang Panwaslu Kelurahan. Sesuai dengan ketentuan, Bawaslu merekrut sebanyak 1 orang di setiap desa atau kelurahan.

“Selain Panwaslu Desa, kami juga akan merekrut pangawas tempat pemungutan suara (PTPS). Dengan demikian, dibutuhkan sebanyak 245 orang Pangawas TPS,” tambahnya.

Ia menyampaikan, Panwaslu Desa dan pengawas TPS merupakan perpanjangan tangan dari Bawaslu dan Panwaslu Kecamatan untuk mengawasi setiap tahapan Pemilu serentak tahun 2020 ini.

Jangan sampai ada penyimpangan ataupun pelanggaran Pemilu dilakukan oleh penyelenggara ataupun tim pemenangan peserta pemilu.”Selain Panwaslu, kami mengharapkan agar masyarakat bisa pro aktif melakukan pengawasan. Jangan takut untuk memberikan informasi tentang adanya pelanggaran Pemilu,” tegasnya.(135)