Panwascam Pengurus Parpol

Pelaksanaan verifikasi faktual yang dilakukan KPU Kepahiang terhadap balon DPD-RIKEPAHIANG, BE – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) akan memanggil Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) atas nama Wahidin Kasmir SH. Pemanggilan ini setelah Panwaslu menerima laporan, yang bersangkutan tercatat sebagai pengurus DPC Partai Demokrat periode 2011-2016 yang SK-nya langsung ditandatangani DPP Partai Demokrat.
“Laporan bahwa yang bersangkutan pengurus Parpol sudah kita terima beberapa hari lalu. Yang bersangkutan (Wahidin, red) pengurus DPC Parpol Demokrat dengan SK No 3507/SK/DPP.PD/DPAC/I/20 tertanggal 30 Januari 2012 yang ditandatangani Ketua Umum DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum dan Sekretaris Jendral (Sekjen) Edhie Baskoro Yudhoyono,” ungkap anggota Panwaslu Kepahiang, Rusman, kemarin.
Dikatakannya, guna menindaklanjuti laporan itu, kemarin pihaknya telah mengadakan rapat secara internal di tingkatan Panwaslu Kabupaten. Selanjutnya besok (hari ini) yang bersangkutan akan dipanggil terlebih dahulu. “Pemanggilan itu sendiri guna meminta klarifikasi dari yang bersangkutan, mengingat yang bersangkutan merupakan Panwascam di salah satu kecamatan dalam wilayah kabupaten Kepahiang ini,” kata Rusman.
Menurutnya, dari pemanggilan itu nantinya bisa diketahui apakah yang bersangkutan benar-benar pengurus Parpol atau tidak. Jika nantinya positif sebagai pengurus Parpol, maka terlebih dahulu akan disampaikan ke Banwaslu Provinsi. “Setelah itu biasanya jika memang yang bersangkutan pengurus Parpol maka jabatannya sebagai Panwascam akan dicopot dan digantikan dengan yang baru, karena sesuai dengan ketentuan yang berlaku syarat untuk menjadi Panwascam salah satu diantaranya bukan kader Parpol,” tegas Rusman.
Lebih jauh dikatakannya, yang jelas laporan itu akan segera ditindaklanjuti, bahkan dari rapat internal tingkatan Panwaslu yang bersangkutan terlebih dahulu akan dipanggil dan diminta klarifikasi menyangkut keterlibatan itu. “Untuk sementara ini kita memang belum mengambil tindakan apapun terhadap kabar jika yang bersangkutan merupakan anggota Parpol. Jadi untuk pastinya kita tunggu saja besok,” tandasnya.(505)