Panwas Bertandang, Dewan Seluma Sunyi

Muhammad ZarwanTAIS, BE-Peristiwa menarik terjadi di gedung DPRD Seluma kemarin (12/12). Ketika anggta Panitia Pengawas Pemilu (Paswas) Kabupaten Seluma melakukan kunjungan kerja ke dewan yang sudah diberitahukan sejak beberapa hari sebelumnya, kemarin gedung wakil rakyat yang berada di kompleks perkantoran Pemkab Seluma di Pematang Aur Tais itu sunyi.

Kedatangan Panwas terdiri dari 3 orang, masing-masing Ketua Helwandi SE serta anggota Muhammad Zarwan SSos dan Marina Tursiana SSos. Anggota ad hoc yang berkerja dalam pengawasan proses politik itu datang dengan maksud selain memperkenalkan diri karena baru terbentuk, juga bertujuan untuk mengkomunikasikan rencana permohonan alokasi anggaran untuk Panwas pada APBD Seluma kepada dewan.

Anggota DPRD Seluma semuanya berjumlah 30 orang. Kemarin, seharian pada agenda kunjungan Panwas tersebut, hanya ada 2 orang anggota dewan yang hadir, yakni H Suhandi SSos dan Martoni SHI. Kedua anggota dewan itu bukan unsur pimpinan dewan, melainkan anggota biasa. Sehingga keinginan Panwas untuk mengkomunikasikan rencana anggaran program Panwas tersebut belum dapat langsung sampai ke pimpinan dewan dan semua anggota dewan. Padahal, anggota dewan merupakan pihak yang berwenang membahas dan mengesahkan anggaran.
”Tujuan kita hanya untuk silaturahmi, koordinasi dan mengkomunikasikan renacana pengajuan anggaran program pada APBD,” ungkap Muhamada Zarwan usai diterima 2 anggota DPRD dari PKS itu kemarin.

Sementara itu, ketika ditanya soal anggota dewan lainnya yang tak ada ketika kedatangan Panwas tersebut, anggota dewan Suhandi mengatakan jika 28 orang wakil rakyat lainnya kemarin sedang dinas luar ke Jakarta. ”Kebetulan kita berdua yang masuk, yang lain sedang DL,” katanya. (444)