Pantau Pencairan BST di Kantor Pos, Walikota Bengkulu Imbau Dimanfaatkan dengan Baik

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Bantuan Sosial Tunai (BST) kedua dari Kementerian Sosial RI khusus Kota Bengkulu dicairkan hari ini, Jumat (5/06) dengan total 2.300 penerima atau keluarga penerima manfaat (KPM) dari kuota 2.643.

Berdasarkan jadwal, pencairan tahap kedua ini berlangsung tiga hari, mulai Jumat sampai Minggu. Walikota Bengkulu Helmi Hasan turun langsung memantau pencairan di kantor Pos Tanah Patah sembari menyapa warganya.

“Ini adalah program pemerintah pusat sebagai bentuk kepedulian dan perhatian terhadap masyarakat terutama yang terdampak Covid-19. Semoga bantuan ini berkah, semoga ini bisa dimanfaatkan dengan baik. Kalau bantuan dari Pemda Kota Bengkulu berupa rasmie kan sudah. Nanti kita lihat perkembangan apakah perlu diberi lagi atau tidak,” ungkap Helmi Hasan.

Walikota melihat proses pencairan BST sudah baik, warga penerima mengantri dengan duduk  menjaga jarak serta menggunakan masker. Hal tersebut juga menunjukan meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap penerapan protokol kesehatan yang harus di diikuti di masa pandemi covid-19.

Sementara Kepala Kantor Pos Bengkulu, Guntama Pramudya menjelaskan, sebenarnya alokasi Kota Bengkulu sebanyak 2.643. KPM yang sudah menerima ditahap pertama kemarin sebanyak 2.300. Ada pengerucutan jumlah penerima dari data awal setelah data dicross check kembali terdapat perubahan data seperti warga sudah meninggal, warga sudah mampu dan lain-lain.

“Jadi ada 90 persen yang sudah menerima di tahap satu. Yang belum menerima itu kendalanya adalah ada beberapa yang sudah meninggal, dan ada yang sudah dianggap mampu,” kata Guntama. (Imn)